• Berita Terkini

    Minggu, 31 Januari 2021

    Padamkan Listrik Pemkab Kebumen, Begini Penjelasan PLN


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-PLN Kebumen terpaksa melaksanakan pemutusan arus atau pemadaman listrik di beberapa OPD di Kebumen. Ini lantaran hingga jatuh tempo OPD terkait belum membayar listrik. Pemutusan arus listrik dilaksanakan pada Sabtu (30/1/2021) kemarin. Hingga kini Minggu (31/1) pukul 20.04 WIB belum dinyalakan.


    Manager PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kebumen Teguh Suprabowo membeberkan, sejatinya terdapat beberapa dinas yang belum membayar. Kendati demikian pada Sabtu (31/1) lalu, beberapa OPD telah membayarnya. “Namun masih terdapat sekitar empat OPD yang belum membayar. Sehingga hingga kini masih dipadamkan,” tuturnya.


    Terkait dengan hal tersebut, sebenarnya dari pihak PLN telah beroordinasi sejak awal. Ini dilakukan dengan berbagai cara dan berkomunikasi mulai dari BPKAD hingga Sekda Kebumen. “Meski kita telah berkoordinasi jauh-jauh hari, namun terdapat OPD yang tetap enggan membayar lantaran aturannya di OPD tersebut memang demikian,” terangnya.


    Dijelaskannya, terkait dengan aturan, PLN sendiri juga mempunyai aturan. Dimana jika sampai pada batas waktu pembayaran yakni tanggal 20 belum dibayar maka dilaksanakan pemutusan arus. “OPD mempunyai aturan, namun kami juga ada aturannya. Kami telah jauh-jauh hari berkoordinasi,”katanya.


    Sebelumnya, lanjutnya, hampir setiap hari kita berkomunikasi terkait hal tersebut. Namun ini sudah berada diakhir bulan, sehingga harus diambil tindakan pemadaman. “Sampai hari ini belum dinyalakan. Kalau belum ada komitmen bayar ya tetap tidak akan dinyalakan. Itu adalah aturan PLN. Se Jawa Tengah, hal ini hanya terjadi di Kebumen saja,” tegasnya.


    Terpisah Sekda Kebumen H Ahmad Ujang Sugiono membenarkan adanya kejadian tersebut. Saat disinggung terkait dengan pelayanan dinas kepada masyarakat, Sekda Ujang menyampaikan Insyaallah Hari Senin (1/2/2021) sudah terbayar. “Insyaallah Hari Senin mas, permasalahannya Hari Sabtu dan Minggu perbankan tutup,” ungkapnya.

    Hal senada juga disampaikan oleh Bupati Kebumen H Yazid Mahfudz. Pihaknya menyampaikan Insyaallah tidak ada pemadaman. Komunikasi Pemda Kebumen dengan PLN sudah sangat baik selama ini. “Komunikasi Pemda dengan PLN sudah sangat baik selama ini. Keterlambatan pembayaran karena ada sistim keuangan yang perlu disesuaikan,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top