• Berita Terkini

    Minggu, 31 Januari 2021

    Arif: Kebumen Bakal Bangun Industri Perikanan


    KEBUMEN(kebumenekspres.com) - Bupati terpilih Kebumen, Arif Sugiyanto, bertekad menjadikan potensi pertanian dan perikanan sebagai salah program unggulannya saat menjabat. Ia berharap, pengembangan dua sektor ini akan benar-benar bermanfaat dan dirasakan masyarakat.


     

    Arif menjelaskan, Kebumen memiliki banyak segudang potensi, baik wisata maupun dari segi hasil pertanian. Ia lantas menyebut potensi Jambu Kristal di Kecamatan Mirit yang bisa dikembangkan menjadi agrobisnis. Belum lagi, potensi perikanan yang besar di sepanjang kawasan selatan Kebumen.


    Dan tak hanya Mirit, potensi pertanian dan perikanan itu didapati di sepanjang wilayah Kebumen bagian selatan yang menghampar sepanjang 57,5 KM dari Kecamatan Mirit di bagian Timur dan Kecamatan Ayah di bagian barat.


    "Ini harus ditangkap menjadi peluang jika disinkronkan dengan potensi yang ada. Terutama agrobisnis jambu Kristal dan potensi perikanan dan tambak udang kualitas ekspor," ujar Arif.


    Arif meyakini, Kebumen bakal mampu mengelola potensi perikanan berskala industri. Namun demikian, Arif menekankan rencana Pemkab ini harus didukung sejumlah faktor. Salah satunya, perencanaan yang matang. Juga tentu saja, dukungan masyarakat dan seluruh pihak agar tujuan bersama masyarakat Kebumen sejahtera itu terwujud.


    Arif juga mengingatkan, Kebumen harus bergegas menangkap peluang ini. Mengingat, saat ini sudah beroperasi Bandara NYIA Kulonprogo dimana jaraknya tak jauh dari Kebumen. Juga, fakta bahwa Kebumen dilintasi jalur Pantai Selatan (Pansela).


    Di saat yang sama, Arif juga menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur. "Di Wiromartan ini nantinya ada Tugu Batas Kota yang tentunya akan menjadi Icon Kebumen, belum lagi nanti juga shelter atau rest area dan perkantoran. Jika dimanfaatkan untuk jualan pasti akan maju, pemasaran bisa langsung maupun menggunakan internet bahkan bisa dicanangkan untuk ekspor," kata Arif yang juga Wakil Bupati Kebumen itu.(fur/cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top