• Berita Terkini

    Minggu, 26 April 2020

    Jumlah ODP Capai 2.455 Orang, 11 PDP Kebumen Meninggal Tanpa Hasil Lab

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Jumlah Orang Dengan Pemantauan (ODP) dalam perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Kebumen hingga Minggu (26/04) malam, tercatat ada sebanyak 2.455 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.052 orang diantaranya dinyatakan telah selesai pemantauan. Sementara 403 orang sisanya masih dalam pemantauan.

    Hal itu diungkapkan oleh Kabag Humas Setda Kebumen Eko Purwanto selaku Anggota Bidang Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Kebumen melalui rilis resminya, Minggu (26/4/2020).

    Eko juga memaparkan, Pasien Dengan Pengawasan (PDP) kini tercatat ada sebanyak 124 orang. 11 diantaranya meninggal dunia tanpa hasil lab,32 orang diantaranya telah selesai pengawasan. Sedangkan PDP yang masih dalam pengawasan ada sebanyak 32 orang dan PDP dengan hasil lab negatif ada sebanyak 52 pasien.

    “PDP dengan hasil lab negatif hari ini bertambah 1 orang pasien berinisial S, (63) berjenis kelamin perempuan. Pasien ini merupakan rujukan dari lab RSDS Kebumen,” jelas Eko.

    Untuk pasien positif covid-19 sendiri, lanjut Eko, hingga saat ini tercatat ada sebanyak 12 orang, 8 diantaranya dalam perawata, 2 sembuh dan 2 lainnya telah meninggal dunia. Eko menegaskan, pihaknya kedean akan melakukan berbagai pendekatan sosialisasi yang lebih masif ke masyarakat termasuk melibatkan tokoh agama, TNI dan Polri.

    Selain itu, pemeriksaan terpadu dan screening kesehatan bagi pemudik atau pelintas di 6 titik perbatasan kabupaten kebumen atau posko check point, dengan mengukur suhu tubuh, pemeriksaan fisik, hingga memakaikan gelang pemudik sesuai warnanya, yakni diberi gelang warna biru, jika suhu tubuhnya di bawah 38 derajat celcius.
    “Rumah Sakit Darurat Covid-19 mulai beroperasi. Kegiatan di RS Darurat sendiri saat ini yakni melakukan penjemputan terhadap pasien yang sudah menjalani rapid test dengan hasil reaktif, untuk dilakukan pengambilan swab,” katanya.

    Selanjutnya swab akan dikirim untuk dilakukan pemeriksaan lab di BTKLPP Yogyakarta. Selama menunggu hasil lab,  pasien tetap berada di RS Darurat. Selanjutnya yang dinyatakan positif Covid-19  akan menjalani perawatan,  sedangkan pasien yang  negatif akan  dipulangkan jika kondisinya membaik. “Hari ini ada 17 pasien masuk, terdiri laki-laki 14 orang, perempuan 2 orang, anak perempuan 1 orang.  Malam ini juga pasien akan dilakukan pengambilan  swab,” ungkapnya.

    Eko menambahkan, pihaknya senantiasa mengimbau kepada warga Kebumen agar selalu mengikuti arahan dari pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kebumen, diantaranya yakni selalu mengenakan masker saat bepergian atau keluar rumah dan menghindari kerumunan massa serta menjaga imunitas tubuh. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top