• Berita Terkini

    Rabu, 11 Maret 2020

    Pemkab Kebumen Jalin Kerja Sama dengan Pertamina

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pemkab Kebumen menjalin kerja sama dengan PT Pertamina (Persero). Nantinya, Pertamina akan membantu Pemkab Kebumen dalam bidang pemberdayaan perempuan serta lingkungan hidup. Yakni memberikan permodalan bagi kaum perempuan serta bantuan bibit bakau bagi kawasan pesisir di Kebumen.

    Penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) telah dilakukan. Dalam hal ini, Pemkab Kebumen diwakili Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, kemarin (11/3/2020). 

    Adapun dari PT Pertamina, hadir President Director Pertamina Foundation  Agus Mashud dengan disaksikan oleh Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko PT. Pertamina (Persero) Heru Setiawan. Selain Pemkab Kebumen, dalam kesempatan itu, PT Pertamina juga melakukan MoU dengan 18 mitra lain terdiri dari kementerian, lembaga sosial serta perguruan tinggi.

    Wakil Bupati Arif, mengatakan, dalam kerja sama ini, Pertamina akan memberikan pendampingan bagi kaum perempuan yang memiliki usaha skala rumah tangga. Pendampingan ini meliputi pelatihan, hingga pemasaran. Dan tentunya bantuan permodalan. "Untuk berapa jumlah penerima dan bagaimana realisasinya nanti kita akan bahas kembali dengan Dinas Perindag Kebumen," ujar Wabup.

    Selain itu, masih kata Wabup, Pertamina juga bakal memberikan bantuan tanaman bakau untuk penghijauan di kawasan pantai Kebumen. Bantuan berupa bibit bakau itu,kata Wabup, akan disalurkan di sejumlah pantai bagi di Desa Tanggulangin dan Jogosimo Kecamatan Klirong serta Logending pantai Ayah sekitar Rp 600 juta.

    Di bidang pendidikan, keduabelah pihak sepakat akan memberikan bea siswa dimana penerimanya akan dibiayai dari SD hingga perguruan tinggi. Ada juga kesepakatan pembangunan kilang Pertamina di Kebumen.

    "Tentunya kerjasa sama ini juga akan disesuaikan dengan program yang telah ada sebelumnya agar semuanya berjalan sinkron," imbuh Arif Sugiyanto.

    Sementara itu,  PT Pertamina (Persero) dalam pers rilis yang diterima koran ini menyampaikan, kerja sama ini diwujudkan melalui Pertamina Foundation. Adapun sumber dananya berupa CSR. Ada 18 pihak yang bekerja sama dengan Pertamina. Baik dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Badan Nasional Pengelola Perbatasan, dan tiga foundation, yakni Dian Sastro Foundation, Jakarta Post Foundation, serta Hope Worldwide Indonesia. Selain itu sejumlah perguruan tinggi serta 6 anak cabang perusahaan PT Pertamina.

    Presiden Direktur Pertamina Foundation,  Agus Mashud, menyampaikan Pertamina Foundation bertujuan untuk mendukung pencapaian kehidupan masyarakat yang lebih baik sebagai wujud nyata tanggung jawab sosial dan lingkungan dari PT Pertamina (Persero).

    "Sebagai kepanjangan tangan CSR Pertamina sekaligus mengakomodir kebijakan pemerintah melalui Kementerian BUMN, memberi jawaban atas beragam isu-isu sosial masyarakat berupa peta design perioritas program yang focus di bidang pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan lingkungan utamanya new and renewable energy, 'ujarnya.

    "Penandatanganan Nota Kesepahaman hari ini  merupakan penanda awal dari sebuah komitmen bersama untuk sebuah tujuan terbangunnya generasi cerdas, cakap, unggul dalam persaingan dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan," imbuh Agus.(fur/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top