• Berita Terkini

    Senin, 03 Februari 2020

    Ratusan Siswa SMAN 1 Kebumen Bersih-bersih Bumirejo

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Ratusan siswa SMAN 1 Kebumen yang tergabung dalam organisasi sekolah kepramukaan, melakukan aksi bersih-bersih lingkungan warga. Kali ini,  kompleks Dukuh Kemitir dan Prumpung Kelurahan Bumirejo Kecamatan Kebumen menjadi sasaran aksi simpatik tersebut.

    Tak kurang dari 405 antusias mengikuti kegiatan bertajuk 'Adisa Fun Day ' tersebut. Para siswa berjalan dari sekolahnya menuju tempat yang telah ditentukan.

    Dengan berbekal alat-alat kebersihan seperti, sapu lidi, kantong sampah plastik, serok, dan alat pel, mereka tampak bersemangat membersihkan lingkungan rumah warga, jalan, gang, selokan dan masjid setempat. 

    Kali ini ada sebanyak 4 mushola dan 1 masjid yang dibersihkan para siswa. Mereka membersihan seluruh ruangan masjid, mulai dari lantai hingga membersihkan kaca.  Tak terkecuali,  rumput halaman rumah warga dengan tangan kosong. Aksi bersih-bersih itupun menghasilkan ratusan kantong sampah. Tak hanya bersih-bersih, pembagian puluhan paket sembako kepada warga dan kaum duafa turut mewarnai kegiatan ini.

    Ketua panitia sekaligus Pradana Putri Pramuka SMA 1 Kebumen, Hananingtyas Nurul Arifah (17), mengatakan kegiatan ini diikuti oleh seluruh andik pramuka kelas X sejumlah 355 dan 50 orang dewan ambalan. Ia mengatakan tujuan kegiatan ini untuk melatih para andik pramuka SMA N 1 Kebumen dapat bersosialisasi bermasyarakat melalui peduli kebersihan lingkungan.

    "Ini bagian dari sumbangsih kami kepada warga masyarakat sekitar, dan melatih para andik untuk bermasyarakat dan melestraikan lingkungan dengan menjaga kebersihan," katanya kepada Ekspres, Sabtu (1/2)

    Waka Kesiswaan SMA N 1 Kebumen, Ahmad Makmur Santoso, mengatakan kegiatan Adisa Fun Day merupakan agenda wajib Pramuka SMA N 1 Kebumen yang digalakan rutin setiap tahunnya. Ia berharap kegiatan ini bisa diaplikasikan para siswa di lingkungan masing-masing dengan menjaga kebersihan dan peduli lingkungan.
    "Ini bagian dari pendidikan karakter dan wujud nyata untuk melatih siswa peduli lingkungan dan kebersihan," katanya.
    Selain itu usai melakukan bersih-bersih lingkungan, kegiatan dilanjutkan dengan wide game kepramukaan dan penyerahan bantuan bakti sosial kepada warga setempat.(fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top