BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Senin, 18 November 2019

    Kaum Perempuan Kebakalan Gelar Pasar Mingguan

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Apa yang dilakukan oleh Tim Penggerak PKK Desa Kebakalan Karanggayam patut mendapatkan acungan jempol. Pasalnya TP PKK ini mampu membuat trobosan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Ini dilaksanakan dengan menggelar pasar setiap minggu. Alhasil pendapatan masyarakat pun bertambah.

    Adanya pasar mingguan itu dilaksanakan di lapangan desa setempat. Suasana pasar semakin ramai dengan adanya pelaksanaan senam bersama para anggota TP PPK. Bukan hanya senam dalam kesempatan tersebut juga ditampilkan kesenian daerah. Ini meliputi Rebana, Janengan hingga Kuda Lumping. Untuk senam dan kesenian dilaksanakan sebulan sekali. Sedangkan pasar digelar setiap minggu.

    Ketua TP PPK Desa Kebakalan Indra Wahyuni SSos MM menyampaikan pasar yang diselenggarakan mingguan tersebut dinamakan Pasar Tumplek Blekk. Para pedagang semuanya merupakan warga Desa Kebakalan. Pasar ini menyajikan kuliner jaman dulu (Jadul). Ini meliputi nasi oyek, buntil, ciwel, srabi, golak dan lainnya. “Awalya kami (PKK) berpikir bagaimana cara untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” tuturnya didampingi suaminya yakni Kades Kebakalan Wiwir Setiyawan SSos, Minggu (17/11).

    Indra Wahyuni, sosok wanita yang selalu energik itu pun menjelaskan, semula Pasar Tumplek Blekk akan dilakukan sebulan sekali. Ini tentunya bebarengan dengan kegiatan senam bersama dan pentas seni. Namun antusias masyarakat ternyata melebihi ekspektasi. Pukul 08.00 WIB semua dagangan ludes terbeli. “Masyarakat terutama para ibu yang menjadi penjual pun mengusulkan dilakukan setiap minggu. Namun untuk senam dan pentas seni tetap sebulan sekali,” ungkap Indra Wahyuni yang juga merupakan pengusaha jilbab itu.

    Harus mandiri. Prinsip itulah yang ditanamkan Indra Wahyuni kepada para anggota dan masyarakat Desa Kebakalan. Pedagang yang berjualan harus menampilkan produk buatan sendiri. Selain itu juga harus warga setempat. Instruktur senam juga warga Kebakalan yakni Sri Ambos dan Bidan Lia. Bukan itu saja senam juga menggunakan sound system milik warga setempat.

    Tak heran, dengan semangat dan kepiawaiannya Indra Wahyuni mampu membawa TP PKK Kebakalan menjadi Juara II Tingkat Kabupaten pada lomba MC dan yel yel terkat dengan kemiskinan. Bukan itu aja, TP PKK Kebakalan juga berhasil meraih Juara IIIp pada lomba Germas yang dilaksanakan oleh UPT Kesehatan tingkat Kebupaten Kebumen. “Mandiri, inovasi, semangat dan sehat,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top