BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA VARIO DUO

    Kamis, 10 Oktober 2019

    Punya Metode Khusus Tangani Tersangka

    AKBP Rudy Cahya Kurniawan
    Ada cerita menarik soal Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan. Pejabat yang baru hitungan hari bertugas di Kota Beriman itu ternyata memiliki metode tersendiri dalam menangani tersangka tindak kejahatan. Metode itu disebut  hipnosis investigasi terapi

    AKBP Rudy sempat tertangkap kamera melakukan metodenya itu kepada salah satu tersangka kasus penggelapan kendaraan mobil yang ditangani Polres Kebumen.

    Terkait itu, AKBP Rudy Cahya Kurniawan mengatakan, apa yang dilakukannya saat itu adalah pendekatan dari hati ke hati. "Metode ini namanya hipnosis investigasi terapi. Jadi melalui alam bawah sadarnya, tersangka akan menyesali perbuatannya."

    "Selanjutnya kita arahkan agar tahanan Polres Kebumen menutup diri jika ada ajakan jahat di kemudian hari," jelas AKBP Rudy, di ruang kerjanya, Selasa (8/10).

    Kapolres mengaku telah lama menerapkan  metoda itu kepada para tersangka di tempat tugas sebelumnya. Dan, sejauh ini metode itu efektif. Dimana bisa membuat tersangka nyaman selanjutnya disisipkan pesan Kamtibmas kepada yang bersangkutan.

    "Jadi apa yang di ucapkan saat dihipno terapi adalah keinginan hati nurani yang bersangkutan, bukan paksaan siapapun. Ini merupakan komunikasi efektif. Selanjutnya bisa juga diterapkan kepada tersangka yang mengalami stres, agar lebih tenang menghadapi proses hukum," tandas AKBP Rudy Cahya Kurniawan. (win/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top