• Berita Terkini

    Jumat, 25 Oktober 2019

    20 Jurnalis Raih Penghargaan Jurnalistik BPJS 2019

    YOGYAKARTA – Sebanyak 20 jurnalis media massa terdiri dari cetak, elektronik, radio, online dan pewarta foto menerima penghargaan Jurnalistik dari BPJS Kesehatan atas dedikasinya dalam mengedukasi masyarakat mengenai Program JKN-KIS.

    Mereka adalah para pemenang Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2019 yang digelar BPJS Kesehatan sejak akhir Mei 2019 lalu.

    Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris, mengatakan penghargaan ini merupakan salah satu wujud apresiasi kepada para jurnalis media massa yang telah banyak membantu menyebarluaskan informasi kepada masyarakat tentang BPJS Kesehatan dan Program JKN-KIS.

    "Media massa ibarat jembatan antara kebijakan pemerintah dan suara publik. Untuk itu diperlukan pemahaman yang baik agar mereka dapat menyalurkan informasi secara benar dan berimbang kepada masyarakat,” katanya  usai acara Media Workshop BPJS Kesehatan dan Malam Anugerah Pemenang Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2019 di Sleman, Rabu (23/10) malam.

    Lebih lanjut Fachmi mengatakan, pihaknya senantiasa terbuka terhadap masukan, ide, dan aspirasi dari media guna menyempurnakan penyelenggaraan Program JKN-KIS. Ia juga berharap, media dapat membantu BPJS Kesehatan melawan hoax yang kerap beredar di jejaring sosial.

    "Di tengah arus informasi yang begitu pesat, sudah menjadi tugas kita bersama untuk menjaga keberimbangan informasi dan memberantas hoax. Semoga ke depan makin banyak jurnalisme positif yang bisa mengawal jalannya Program JKN-KIS,” ungkap Fachmi.

    Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2019 ini diikuti oleh 97 peserta dari berbagai media massa lokal maupun nasional di Indonesia. Jumlah karya yang masuk sebanyak 129 karya, terdiri atas 26 karya media cetak, 36 karya media online, 44 karya foto jurnalistik, 7 karya televisi, dan 16 karya radio.

    Seluruh karya yang dinilai dewan juri bersifat anonim. Artinya pada saat proses penilaian, dewan juri tidak mengetahui identitas nama dan media peserta lomba."Kejuaraan hanya diambil 1,2,3 dan juara harapan," kata Fachmi didampingi Sekretaris Utama BPJS Kesehatan, Kisworowati.

    Adapun nama-nama para pemenang Lomba Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan Tahun 2019. Kategori Media Cetak, Juara 1 diraih Wahyu Kuncoro dari Harian Bhirawa dengan judul karya “Aplikasi Mobile JKN Pastikan Layanan Kesehatan Berada di Genggaman, Juara 2 Heru Prayitno dari Radar Sampit dengan judul karya “Kerahkan Kader JKN, Alihkan Peserta Mandiri ke PBI, Juara 3 Herman dari Ujung Pandang Ekspres dengan judul karya “Di Periode Mudik, Layanan Peserta JKN-KIS Tak Bikin Panik” Juara Harapan Suparman dari Batam Pos dengan judul karya “Tak Ada Perbedaan Fasilitas, Tangani Pasien hingga Tuntas”

    Sedangkan untuk Kategori Foto Jurnalistik,Juara 1 Abriansyah Liberto dari Tribun Sumsel dengan judul karya “Layanan BPJS untuk Indonesia Sehat” Juara 2 Masyudi Firmansyah dari Bisnis Sulawesi dengan judul karya “Finger Print BPJS Kesehatan” Juara 3 Ahmad Saifur Rohman dari Kebumen Ekspres dengan judul karya “Acungkan Kartu” Juara Harapan Rachman dari Bisnis Indonesia dengan judul karya “Desentralisasi BPJS Kesehatan”

    Untuk Kategori Media Online Juara 1 Lilik Darmawan dari Media Indonesia.com dengan judul karya “Agar Proteksi Kesehatan Tidak Terputus”
    Juara 2 Nur Istibsaroh dari Antara Jateng dengan judul karya “Kini Tak Perlu Antre Berobat ke Puskesmas Gunakan JKN-KIS”

    Juara 3 Puji Purwanto dari Suaramerdeka.com dengan judul karya “Layanan Semakin Mudah, Peserta Tak Perlu Keluar Rumah”
    Juara Harapan Kristiawan Balasa dari Suara Pemred Kalbar dengan judul karya “Dua RSUD di Pontianak Berlomba Berikan Layanan Terbaik Peserta BPJS”
    Sementara itu, untuk Kategori Televisi Juara 1 Defi Prihatiningsih dari MNC TV dengan judul karya “Kemudahan Aplikasi Mobile JKN” Juara 2 Ervan Wahzudin dari RTV dengan judul karya “Asa bagi Penyintas Kanker” Juara 3 Gustin Gumilar dari Bandung TV dengan judul karya “Komitmen Fasilitas Kesehatan dan Tenaga Medis dalam Melayani Pasien JKN-KIS”
    Juara Harapan Bambang Yulianto Wibowo dari Metro TV dengan judul karya “Manfaatkan Sampah untuk Bayar BPJS”

    Sedangkan untuk Kategori Radio, Juara 1 Ustad Mukorobin dari RRI Purwokerto dengan judul karya “Umarudin Sepenggal Kisah, Kader JKN KIS Berpestasi Dari Kebumen” Juara 2 Yuyun Arbaiyah dari Elshinta Surabaya dengan judul karya “Inovasi dan Digitalisasi Layanan, Kunci Keberhasilan Program JKN-KIS” Juara 3 Taufik Hidayat dari RRI Pro3 Sintang dengan judul karya “Sehat Tuntas Hingga ke Tapal Batas” Juara Harapan Anik M. Hasanah dari RRI Surabaya dengan judul karya “BPJS Kesehatan Evaluasi Layanan”
    Semengtara itu, sebelum malam puncak anugrah Jurnalistik BPJS juga dilaksanakan workshop Keberlangsungan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) menjadi concern Pemerintah dan kini tengah menunggu penetapan besaran iuran yang telah diusulkan oleh pemangku kepentingan di Hotel Innside Yogyakarta. (fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top