BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA VARIO DUO

    Rabu, 14 Agustus 2019

    Tugirah, Meraup Rejeki dari Sampah

    Saefur Rohman / Kebumen Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sampah plastik bagi sebagian besar orang tidak bernilai. Namun tidak bagi pasangan suami istri Sudarman (41)-Tugirah (40) warga Desa Sawangan Kecamatan Alian ini. Sampah baginya merupakan barang berharga dan bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah.

    Keduanya menjadikan sampah sebagai usaha. Mereka mendaur ulang sampah. Tugirah mengatakan tak semua sampah plastik dapat didaur ulang. Hanya plastik berwarna putih dan bening saja yang bisa didaur ulang. "Sampahnya kita cuci lalu dikeringkan baru dijual," katanya ditemui saat  mencuci sampah plastik tersebut di sungai Kedungbener, kemarin (14/8/2019).

    Tugirah menjual sampah kepada pengepul. Ia menjualnya Rp 7 ribu perkilogram. Dengan modal Rp 3 ribu perkg, Tugirah biasanya mampu menjual sampah Rp 3 kuintal permingga. "Satu minggu kadang bisa 3 kuintal, nggak mesti kadang banyak kadang sedikit," ungkapnya.

    Seperti diketahui, sampah plastik menjadi permasalah tersendiri di lingkungan. Selain keberadaannya yang mengganggu pemandangan dan kebersihan sampah plastik sulit diurai oleh tanah. Bahkan, pemerintah telah menggencarkan gerakan pengurangan populasi sampah plastik.(fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top