• Berita Terkini

    Sabtu, 20 Juli 2019

    Program "Ruwat Alun-alun Kebumen" Ditanggapi Dingin Pedagang

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Adanya rencana ruwat resik Alun-alun Kebumen yang direncanakan dilaksanakan setiap Jumat Kliwon ternyata ditanggpi dingin para pedagang. Ini terbukti pedagang masih tetap tampak berjualan pada Jumat (19/7/2019). Padahal Jumat tersebut metupakan Jumat Kliwon dimana rencananya area Alun-alun Kebumen steril dari para pedagang.

    Dari pantauan, puluhan pedagang tampak tetap menjejakan dagangannya. Bahkan mereka tetap cuek berdagang saat para petugas melaksanakan ruwat resik Alun-alun sebagai yang telah direncanakan.

    Beberapa petugas yang melaksanakan ruwat resik yakni dari Pemadam Kebakaran Satpol PP dan petugas kebersihan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH). Terdapat pula masyarakat  yang turut serta membersihkan lantai Alun-alun Kebumen.

    Kendati demikian, tidak sedikit pula pedagang yang tetap cuek dan tetap memilih berjualan di momen ruwat resik. Padahal sebelumnya telah terjadi kesepakatan jika Jumat Kliwon aktifitas jual beli dihentikan. Ini maksudkan, selain untuk ruwat resik,  juga agar Alun-alun dapat dimanfaatkan sepenuhnya sebagai ruang publik bagi masyarakat.

    Saat diminta tanggapan, Kepala Disperkim LH Kebumen Edi Rianto ST MT menegaskan pihaknya telah berupaya untuk melaksanakan mensosialisasikan terkait kegiatan tersebut. Terlebih sebelumnya telah ada kesepakatan bersama dengan para pedagang.

    Kesepakatan tersebut yakni setiap Jumat Kliwon dilaksanakan ruwat resik. Saat itu para pedagang berhenti berjualan pada Hari Jumat Kliwon. "Ini juga menggambarkan seperti apa pedagang terhadap kebersihan Alun-alun. Diperlukan semakin banyak pendekatan," tuturnya.

    Disampaikan, ada saatnya dimana Alun-alun Kebumen bersih dari aktifitas ekonomi. Dengan demikian ada waktu dimana Alun-alun dimanfaatkan untuk fasilitas publik. Pihaknya tidak akan berhenti melakukan program ruwat resik Alun-alun. Ini ndilaksanakan sembari melakukan pendekatan kepada para pedagang. “Kami sudah sosialisasi, nanti ada masa-masa peringatan dan ada semacam masa-masa tindakan. Jika ternyata tetap seperti itu apa boleh buat. Kami akan melakukan tindakan," paparnya.


    Sekedar mengingatkan, sebelumnya Pemkab Kebumen dalam hal ini Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kebumen telah melaksanakan ruwat resik Alun-alun Kebumen, Jumat (14/6). Ini dilaksanakan bersama dengan berbagai elemen masyarakat. Ruwat resik Alun-alun dilaksankana guna menjaga kebersihan lingkungan. Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya dalam meraih penghargaan Adipura bagi Kebumen. Dalam Kegiatan tersebut, selain membersihkan sampah, seluruh lantai di Alun-alun Kebumen turut dibersihkan dengan cara dipel. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top