• Berita Terkini

    Senin, 22 Juli 2019

    Perjusa, SMK Madugo Tanamkan Kemandirian Siswa

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-SMK Ma’arif 2 Gombong (Madugo) menyelenggarakan Perkemahan Jumat-Sabtu (Perjusa). Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Jatimulyo Kuwarasan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kemandirian siswa. Selainniti Perjusa juga dilaksanakan dalam rangka penerimaan siswa-siswi baru Tahun Pelajaran 2019/2020, beberpa waktu lalu.

    Perjusa juga dilaksanakan dalam rangka Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) di Gudep XI.05.07.083/084. Acara diawali dengan kegiatan pendirian tenda. Selanjutnya dibuka secara resmi dengan upacara pembukaan oleh Kamabigus SMK Ma’arif 2 Gombong Ngadino SKom. Saat itu juga dilaksanakan penyematan tanda peserta.

    Dalam sambutannya, Kamabigus SMK Ma’arif 2 Gombong Ngadino SKom menyampaikan acara Penerimaan Tamu Ambalan tersebut dilaksanakan rutin tiap tahunnya. Ini bertujuan untuk melanjutkan perjalanan kepramukaan siswa di SMK Ma’arif 2 Gombong. Selain itu juga guna generasi muda yang gagah, tangguh, bertanggungjawab dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Serta berbakti kepada Orang Tua, Agama, Nusa, Bangsa dan Negara. “Kegiatan ini diharapkan mampu mengembangkan generasi yang terampil, mandiri dan cinta tanah air serta mempersiapkan tunas-tunas muda pengisi pembangunan Bangsa tercinta ini,” tuturnya.

    Ngadino berharap semua peserta PTA nantinya dapat mengikuti kegiatan Perjusa sampai selesai. Sehingga dapat meningkatkan kualitas belajar dan mandiri dalam setiap kegiatan sekolah sebagai siswa SMK Madugo yang hebat, “Aalam pramuka… salam pramuka!!!” kata Ngadinon.

    Ketua Kegiatan Perjusa, Fajar Hidayat melaporkan seluruh peserta adalan siswa kelas X sejumlah 390 siswa.  Jenis kegiatan pada Perjusa Gudep XI.05.07.083/084  meliputi Pendirian Tenda, Upacara Pembukaan, Wide Game, Api Unggun, Pentas Seni, Jalan malam dan renungan. Selain itu yakni  Bakti Sosial dan Games.  “Tadarus A-Qur’an (Surat Yaasiin), Olah Raga dan Pengambilan Bedge Gudep SMK Ma’arif 2 Gombong serta Upacara Penutupan,” paparnya yang merupakan siswa Kelas XI TPTU 1 itu.
    Pembina Pramuka Gudep XI.05.07.083/084 M Kharis SPdI mengungkapkan kegiatan pelantikan telah direncanakan dengan matang oleh dewan kerja Angkatan XXV. Ini dibantu dewan senior, sehingga pembina pramuka tinggal mengordinasikan dan memonitoring saja.

    Selain itu, lanjut Kharis, proses kemandirian yang diperoleh dari kegiatan tersebut dapat menjadi bekal nantinya bagi dewan kerja pramuka saat terlibat langsung dalam pengabdian di masyarakat. Ini dilaksanakan dalam pengimplementasian Dasa Dharma Pramuka, "Ayoo kita harus siap kerja, mandiri, santun dan kreatif,” ucapnya. (mam).

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top