• Berita Terkini

    Jumat, 26 Juli 2019

    Penilaian Ajang Krenova Kebumen Dipertanyakan

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Electronic Racing Foel Ignition (ERFI) karya Khakim Fisabil, warga Desa Surotrunan RT 2 RW 3 Kecamatan Alian menjadi satu-satunya yang lolos seleksi dari Kebumen di ajang Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) yang dilaksanakan oleh BAPPEDA Jawa Tengah.

    Meski demikian ERFI hanya mampu meraih juara 3 pada ajang Krenova Kabupaten Kebumen. Adanya hal tersebut menjadi pertanyaan tersendiri. Pasalnya lima dari karya para inventor di Kebumen yang diikutsertakan dalam seleksi Krenova Jawa Tengah, hanya ERFI yang lolos 30 besar.

    Diminta menanggapi hal tersebut penemu ERFI Khakim Fisabil enggan berkomentar banyak. Meski demikian pihaknya juga menganggap hal ini ironis. Bagaimana mungkin penilaian dengan kisi-kisi penilaian yang hampir sama, hasilnya bisa sangat berbeda.

    "Semua hasil karya inventor peserta Krenova Kebumen diikut sertakan dalam Kranova Jawa Tengah. Kisi-kisi penilaiannya hampir sama. Hanya ERFI yang lolos eleksi Jawa Tengah. Namun di Kebumen sendiri hanya mendapatkan juara 3,” tuturnya, Kamis (25/7/2019).

    Khakim Fisabil mengakui dalam sebuah kompetisi atau perlombaan tentunya ada yang menang dan kalah. Kendati demikian kompetisi seharusnya dinilai secara objektif. Di Kebumen dinyatakan sebagai juara 3. Namun pada seleksi di di Jawa Tengah hanya pihaknya yang lolos. Padahal Kisi-kisi  penilaian BAP3DA Kebumen juga tidak jauh berbeda dengan kisi-kisi Penilaian BAPPEDA Jawa Tengah.

    "Saya merasa bukan sebagai pemenang Krenova Kabupaten Kebumen. Karena penentuan pemenang tidak melalui tahapan presentasi seperti tahun sebelumnya. Padahal menurut saya tahap presentasilah yang dapat mencover semua gambaran/deskripsi inovasi. Ini mulai dari tahapan. Kapan, dimana dan atas inisiatif siapa. Selain itu pembuktian orisinalitas, komersialisasi dan keberlanjutan produk dan lain sebagainya,” ungkapnya.

    Saat dikonfirmasi Kepala BAP3DA Kabupaten Kebumen Ir Puji Rahayu menyampaikan lima dan karya Inventor yang mengikuti lomba Krenova di Kebumen diikutsertakan pada lomba Krenova di Jawa Tangah. 

    "Sedangkan hasil penilaian dari tim pada lomba Krenova Kebumen ya seperti itu. Dimana Traktor siluman yang menjadi juara. Kami juga mengucapkan selamat kepada yang lolos seleksi Jawa Tangah. Semoga dapat menginspirasi masyarakat Kebumen,” ucapnya.

    Seperti diberitakan sebelumnya, Traktor Siluman karya Wakhid Hasim, warga RT 2 RW 1 Desa Tepakiyang, Kecamatan Adimulyo meraih jura 1 ajang Krenova Kebumen. Sedangkan juara 2 yakni  Sagon Kacang Hijau sebagai Alternatif Snack Sehat karya Agus Puspo Buntoro warga Desa Nampudadi RT 03 RW 02 Kecamatan Petanahan. Sementara Electronic Racing Foel Ignition (ERFI) karya Khakim Fisabil mendapat juara 3. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top