BPJS

BPJS

Job Fair 2019

  • Berita Terkini

    HONDA CBR 150

    Sabtu, 06 Juli 2019

    BPJS Cabang Kebumen Datangi Desa Reco Wonosobo

    WONOSOBO – Sebagai upaya untuk memberikan pemahaman lebih, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen menyelenggarakan acara BPJS Turun Kampung. Acara yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT BPJS Kesehatan yang ke-51 ini diadakan di Balai Desa Reco, Kecamatan Kretek, Kabupaten Wonosobo pada Kamis (4/7/2019). 

    Hadir kemarin, Deputi Direksi Treasury & Investi BPJS Kesehatan, Kepala Puskesmas Kretek II, Sekretaris Desa Reco, dan warga desa Reco.

    Deputi Direksi Bidang Treasury & Investasi, Arief Witjaksono Juwono P, mengungkapkan pihaknya sangat bergembira bisa bertatap muka langsung dengan masyarakat karena mereka menjadi tahu betul mengenai keadaan lapangan implementasi Program JKN-KIS.

    "BPJS Turun Kampung bertujuan untuk memberikan peningkatan pemahaman mengenai Program JKN-KIS khususnya di desa Reco ini," katanya.

    Masih kata Arief Witjaksono, program yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia ini memiliki 3 hal dasar yang harus diketahui bersama. Pertama Protection/Perlindungan menjelaskan bahwa program JKN-KIS memberikan perlindungan untuk diri semdiri, keluarga, maupun orang lain.

    Kemudian Sharing/Gotong Royong menerangkan bahwa peserta JKN-KIS yang sehat dapat membantu peserta JKN-KIS yang sakit. Ketiga Compliance/Patuh yaitu adanya kepatuhan sebagai warga negara Indonesia terhadap perundang-undangan mengenai Program JKN-KIS.

    Arief lantas menjelaskan mengenai hak dan kewajiban peserta Program JKN-KIS. Hak peserta JKN-KIS antara lain mendapatkan Kartu Indonesia Sehat, memperoleh manfaat dan informasi mengenai prosedur pelayanan, mendapatkan pelayanan kesehatan, menyampaikan pengaduan, kritik dan saran, menentukan FKTP yang diinginkan.

    Adapun kewajiban peserta JKN-KIS antara lain melakukan pendaftaran program JKN-KIS satu anggota keluarga, membayar iuran, memberikan data dirinya dan anggota keluarga, melaporkan apabila terdapat perubahan data, menjaga KIS yang sudah didapat agar tidak rusak, hilang ataupun dipinjamkan oleh orang lain, mentaati prosedur dan ketentuan yang berlaku.

    Sementara itu, Perwakilan Puskesmas Kretek II, Tri Mulyani, mengaku sangat mengapresiasi acara yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan kantor Cabang Kebumen yang dihadiri oleh Deputi Direksi Bidang Treasury dan Investasi BPJS Kesehatan. Diharapkan acara ini manajemen BPJS Kesehatan dapat langsung melihat kondisi lapangan serta implementasi Program JKN-KIS di masyarakat desa. "Pengetahuan yang didapat masyarakat saat ini dirasa memang masih membutuhkan pemahaman yang lebih mengenai Program JKN-KIS, " imbuhnya sembari mengucapkan Selamat Ulang Tahun BPJS Kesehatan yang ke 51.

    Acara yang dilengkapi dengan penyerahan OSR berupa perlengkapan olahraga voli dan bola sepak ini memberikan kesan tersendiri terhadap warga desa Reco. Peningkatan pemahaman Program JKN-KIS diharapkan dapat terealisasi penuh oleh warga desa Reco agar tidak timbul kesalahpahaman di kemudian hari serta informasi yang didapat masyarakat melalui acara BPJS Turun Kampung dapat ditularkan kepada masyarakat yang belum dapat hadir. (wh/rz)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top