• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Selasa, 25 Juni 2019

    Alumni SMPN 3 Kebumen Deklarasikan "Yaspega"

    Saefur / Kebumen ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Alumni SMP N 3 Kebumen bersepakat membentuk Yayasan. Yayasan yang disebut Yayasan Alumni SMP N 3 (Yaspega) Kebumen  tersebut dideklarasikan pada acara reuni yang digelar di Hotel Meotel Dafam Kebumen, Sabtu (22/6/2019).

    Sejumlah tokoh hadir pada kesempatan itu. Mulai dari Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH, sejumlah pejabat pengusaha, pensiunan, politisi, akademisi, hingga pemangku birokrat. Tampak hadir pula Anggota DPR RI, Ir KRT H Darori Wonodipuro yang didaulat sebagai Ketua Dewan Pembina, Rektor UGM Prof  Ir Panut Mulyono sebagai Ketua Dewan Penasihat, H Mudji Raharjo sebagai Ketua Dewan Pengawas.

    Ketua Umum Yaspega Kebumen Drs Purwo Hardjono mengatakan, berdirinya Yaspega dilatarbelakangi dari sejumlah reuni kecil sering dilakukan para alumni. Dari situ, muncul gagasan untuk menyatukan para alumni seluruh angkatan lulusan dalam sebuah yayasan. Selain merekatkan silaturahmi, Yayasan diharapkan dapat memberikan kontribusi  positif bagi peningkatan kualitas pendidikan.

    "Berdirinya Yaspega untuk menjalin tali persaudaraan, mewadahi aspirasi para  alumni dalam mempererat silaturahmi dan berbagai hal untuk kemajuan almamater sekaligus menjadi wadah alumni di semua angkatan,” katanya

    Peningkatan performa SMPN 3 Kebumen antara lain penguatan pendidikan karakter untuk guru dan siswa,  pemberian apresiasi terhadap siswa berprestasi,  penguatan pembinaan olah raga prestasi, peningkatan literasi siswa, pemberian bantuan untuk peningkatan sekolah dan promosi sekolah.

    Lebih lanjut Purwo Harjono menjelaskan sejak berdirinya yayasan, para pengurus telah menyusun program kerja mulai dengan pengelolaan alumni, seperti pendaftaran dan pendataan, pembentukan pengurus tiap angkatan, penggalanan dana alumni, pelaksanaan reuni seluruh angkatan, penguatan komitmen alumni terhadap almamater, penguatan kepedulian kepada sesama alumni. Dalam kesempatan itu perkumpulan alumni SMP N 3 Kebumen juga dihadiri para alumnus tertua yakni dari tahun 1965 hingga lulusan termuda 2019. "Tujuannya sama yakni untuk memajukan almamater, serta memberikan kontribusi positif kepada sekolah," ungkapnya.

    Sementara itu, Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan, pihaknya  menyambut baik deklarasi tersebut. Wabup Arif yang alumnus SMP N 3 Kebumen angkatan 1992 itu berharap, momentum ini dapat menggali ide-ide atau pun sebuah rencana bagi para alumni. Khususnya terkait upaya untuk tetap menjadikan  almamater sekolah yang berkualitas. “Alumninya bisa menjadi pelopor dalam memajukan Kebumen dengan memberikan kontribusi mengatasi permasalahan pendidikan, memberikan akses pendidikan masyarakat," ujarnya.(fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top