BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA CRF

    Rabu, 20 Maret 2019

    LTSA Bakal Hadir di MPP Kebumen

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) bakal masuk dalam Mall Pelayanan Publik (MPP). Dimana MPP sendiri merupakan program unggulan Pemkab Kebumen. LTSA merupakan salah satu program perbaikan tata kelola pekerja migran di Indonesia.

    Adanya program tersebut diharapkan dapat mempermudan dalam pengurusan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Adanya LTSA di Mall Pelayana  Publik diharapkan pelayanan  dapat dilakukan lebih mudah dan efisien.

    Kepala Disnaker KUKM Kebumen Siti Kharisah melalui Kasi Penempatan Kerja Wahyudi menyampaikan, nantinya LTSA tersebut akan bersinergi dengan beberapa instansi. Ini seperti kepolisian, BPJS ketenagakerjaan dan rumah sakit. Bukan itu saja LTSA juya akan bersinergi dengan Kantor Imigrasi dan BP3TKI. “Disnaker dalam hal ini mempunyai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) registrasi, seleksi, rekomendasi pasport dan kartu kuning,” tuturnya, saat ditemuai usai Focus Group Discussion (FGD) LTSA yang dihelat Migrant Care di Meotel Kebumen, Selasa (19/3/2019).

    Wahyudi menegaskan, nantinya perlu ada kerjasama antara BPJS Ketenagakerjaan, Surat Keterangan Catatan Kepolisian, medical check up, pembuatan paspor dan pembekalan akhir pemberangkatan (PAP) dari BP3TKI.

    Wahyudi juga menegaskan, dalam hal ini  proses pembentukan LTSA sendiri hingga kini masih menunggu kesepakatan dari Kantor Imigrasi dan BP3TKI Provinsi Jateng. Meski demikian terkait BP3TKI, Wahyudi optimis hal tersebut dapat terealisasi lebih mudah. “Sedangkan terkait imigrasi, perlu adanya kerja bersama dari Kemenkumham terkait pelayanan tersebut,” ungkapnya.

    Koordinator Migrant Care Kebumen Syaiful Anas mengaku optimis LTSA di Mall Pelayanan Publik Kebumen dapat terwujud. Syaiful Anas berharap Pemkab Kebumen dapat benar-benar serius menyiapkan LTSA. Sebab hal ini memerlukan kerjasama lintas instansi dalam proses perizinan. "Yang perlu diperhatikan, LTSA juga harus memuat advokasi dan perlindungan pekerja migran," tegasnya.

    Sementara itu Kepala DPMPTSP  H Slamet Mustolkhah SH MT menyampaikan Mall Pelayanan Publik di Kebumen kini masih dalam tahap perencanaan. Nantinya, akan tersedia 36 loket pelayanan yang diharapkan dapat mempermudah perizinan untuk kebutuhan masyarakat di Kebumen. Mall pelayanan publik yang rencananya beroperasi akhir tahun 2019 akan menggunakan gedung juang di Jalan Indrakila Kebumen. “Kalau seandinya bisa sebelum akhir tahun tentunya itu yang sangat diharapkan,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top