Honda GTR

  • Berita Terkini

    Rabu, 13 Maret 2019

    Enam Jam Listrik Padam Akibat Pohon Tumbang

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Kebumen memyebabkan Pohon Mahoni di Desa Sidoarjo, Kecamatan Sruweng tumbang. Pohon tumbang yang menimpa jaringan listrik PLN mengakibatkan sejumlah wilayah mengalami pemadaman, Senin (11/3/2019).

    Pemadaman listrik setidaknya terjadi selama enam jam yakni sekitar pukul 16.00 WIB hingga 21.30 WIB. Adapun proses evakuasi pohon dilakukan oleh tim gabungan dari PLN dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan PMI Kebumen.

    Koordinator Pelayanan Handal (Yandal) PLN ULP Kebumen Goenoto menyampaikan pasca menerima laporan dari masyarakat tim dari PLN langsung cepat tanggap. Pohon Mahoni tumbang terjadi di depan rumah Puji Raharjo tepatnya di Dukuh Banaran RT 05 RW 01 Desa Sidoarjo. Pohon menimpa kabel instaliasi listrik milik PLN. pihak PLN Rayon Kebumen pun langsung menerjunkan sejumlah petugas untuk menangani pohon tersebut.

    "Pohon tumbang terjadi pukul 16.00 WIB, dan menimpa kabel listrik. Beruntung pohon tumbang tidak menimpa rumah. Petugas gabungan dari PLN, PMI dan BPBD dibantu anggota Kepolisian Sektor Sruweng langsung melakukan evakuasi pohon tumbang menggunakan gergaji mesin," jelasnya.

    Goenoto menegaskan, atas kejadian ini membuat aliran listrik di wilayah Kecamatan Sruweng padam. Distribusi listrik sempat terganggu selama enam jam, hingga akhirnya tepat pukul 21.30 WIB listrik kembali nyala.

    Sebelumnya pada Minggu (10/3) PLN ULP Kebumen juga menangani pohon tumbang yang mengenai jaringan listrik. Ini mengakibatkan listrik di Kecamatan Karanganyar, Sruweng, Pejagoan, Padureso, dan Kecamatan Prembun padam.

    Sementara itu manager  PLN ULP Kebumen, Teguh Suprabowo menyampaikan permohonan maaf atas adanya pemadaman listrik. Ini terjadi karena faktor bencana yakni akibat hujan dan angin yang berdampak pada padamnya aliran listrik. “Kami berharap peran adanya aktif masyarakat. Ini dapat dengan memberikan informasi kepada petugas terkait kondisi di lapangan. Misalnya banyaknya pohon-pohon yang mengganggu jaringan listrik sehingga dapat segera diantisipasi," katanya.

    Pihaknya menambahkan kini petugas PLN ULP Kebumen sedang menggiatkan kegiatan rabas pohon sebagai langkah meminimalisir gangguan jaringan listrik akibat pohon tumbang. “Kami juga mengimbau agar masyarakat bersedia dan berkenan jika ada petugas PLN yang hendak melakukan pemotongan pohon. Sebab pohon yang berada didekat jaringan dapat mengganggu distribusi energi listrik,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top