Honda

  • Berita Terkini

    Rabu, 05 Desember 2018

    Longsor Timpa SD di Banjarnegara

    darno/radarbanyumas
    BANJARNEGARA - Gedung SD Negeri 3 Gumelem Kulon Kecamatan Susukan ambruk tertimpa longsor, Selasa (4/12/2018) dini hari. Gedung yang mengalami kerusakan berat akibat tertimpa longsor ada dua ruangan. Selain itu juga mengancam tiga ruang kelas lainnya. Sekolah yang tertimpa longsor ini berada di Dusun Dares Desa Gumelem Kulon.

    Akibat longsor, siswa diungsikan ke ruang perpustakaan dan juga teras sekolah. Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara Arief rachman menjelaskan 
    gedung SD Negeri 3 Gumelem Kulon tertimpa longsor pada Selasa dini hari sekitar pukul 01:00 WIB. "Bangunan sekolah rusak karena tertimpa talud yang  ambrul. Sehingga ruang kelas rusak," terangnya.

    Kepala SD Negeri 3 Gumelem Kulon Slamet mengatakan ruang yang terkena  longsor yaitu ruang kelas 6 dan dapur sekolah. "Ada dua ruang yang terkena longsor dan tiga ruang yang terancam," terangnya. Ruang kelas yang terancam yaitu ruang kelas 1, 2 dan 3. "Karena tanahnya termasuk tanah labil," terangnya.

    Meskipun terkena musibah, proses belajar mengajar tetap berjalan. Hanya saja siswa kelas 6 diungsikan ke ruang perpustakaan. "Untuk pembelajaran tadi pagi karena takut ada longsoran anak kelas 3 juga saya ungsikan ke teras sekolah," jelasnya.

    Langkah selanjutnya, masih akan dimusyawarahkan dengan Komite Sekolah. Bersama komite, pihaknya akan mencari tempat belajar sementara. Rencananya numpang di rumah warga. Dijelaskan, siswa kelas 6 ini berjumlah 25 anak. Sedangkan jumlah keseluruhan siswa di SD Negeri 3 Gumelem sebanyak 160 siswa.

    Warga Dusun Dares Desa Gumelem Kulon Abdul Rozak menjelaskan sebelum terjadi longsor, wilayah tersebut diguyur hujan deras.  Sehingga talud sepanjang sepanjang 15 meter dengan ketinggian tujuh meter ambrol. Kebetulan talud penahan tebing yang ambrol ini ini bersebalahan dengan gedung SD N 3 Gumelem Kulon.(drn)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top