• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Jumat, 23 November 2018

    Ini Rahasia "Traktor Setan" Karya Warga Kebumen

    Saefur Rohman / Kebumen Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Sebuah traktor canggih karena dikendalikan dari jauh menggunakan remote kontrol diciptakan Wahid Hasim (34) warga RT 2  Rw  2  Desa Tepakyang Kecamatan Adimulyo. Bagaimana traktor itu bisa bekerja?

    Wahid Hasim menuturkan,  dia menggabungkan beberapa komponen, mulai dari merombak remote drone hingga penggabungan mekanik micro controler dan beberapa sparepart robotik yang ia rangkai. Bahkan ia harus menambahkan besi untuk mengaitkan kabel seling kemudi.

    "Untuk Sparepart saya beli, ditempat robotik dan elekronik, bahan barangnya harus pesan impor dari china," katanya ditemui Ekspres di rumahnya, Kamis (22/11/2018).

    Sementara itu tenaga gerak kemudi yang dipasang tepat diatas traktor yang berada di kotak bekas peluru TNI itu dialiri energi listrik dari aki yang secara langsung pengisiannya dari generator disel traktor.

    "Pakai aki dan langsung mengisi dari generator traktor jadi tidak perlu 'ngecas'. Sementara untuk remote masih menggunakan baterai namun sudah kita modifikasi jadi bisa tahan sampai satu minggu," jelas Wahid.

    Sementara itu proses koneksi kemudi trator berasal dari kabel rem sepeda motor yang dihubungkan langsung ke kontrol mekanik robotik yang telah dirangkai didalam kotak. Kabel jenis seling tipis ini berfungsi untuk kontrol belok kanan, belok kiri dan gas.

    "Ada tiga kabel seling itu berasal dari kabel rem sepeda motor, fungsi masing - masing berbeda hanya sama untuk menarik dan mengendur," jelasnya.

    Untuk menghindari terperosok saat digunakan di sawah, Wahid menambahkan ban mobil bekas sebagai center grafiti atau penyeimbang. Namun menurutnya inovasi ini belum sempurna karena dengan roda traktor standard masih memungkinkan goyang dengan medan yang berat.

    Traktor yang bisa berjalan lebih dari radius 100 meter itu juga dapat dinaiki satu orang. "Sudah saya uji untuk medan berat, kecepatan tinggi, bermanuver di lumpur yang dalam, sudah aman," ujarnya.

    Wahid mengakui, masih ada yang sedikit perlu disempurnakan terkait traktor yang dia namakan Devil Traktor alias Traktor Setan itu. Namun, setidaknya, inovasi ini bakal sangat berguna bagi para petani agar lebih efisien dalam membajak sawah.  Anda berminat? (saefur/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top