BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA VARIO DUO

    Senin, 15 Oktober 2018

    500 Siswa TK di Kebumen Antusias Ikuti Peragaan Manasik Haji

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Suasana semarak terlihat di SD Muhammadiyah Kebumen, Sabtu (13/10/2018). Ini setelah ratusan anak mengikuti  peragaan manasik haji yang diselenggarakan Pimpinan Cabang Aisyiyah  Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah (PCA Dikdasmen) Kecamatan Kebumen. Ratusan peserta yang berasal dari anak TK Aisyiyah itu terlihat antusias.

    Kegiatan diawali dari SD Muhammadiyah, dengan berjalan kaki sembari melantunkan "labbaika allahuma labbaik. Kemudian, dengan arahan guru pendamping, menuju SMA Muhammadiyah.

    Di tempat ini, anak-anak diajak memeragakan tata cara berhaji seperti wukuf, mabid, melontar jumroh, tawaf dan sa'i dan lainnya dengan bimbingan dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Aisyiyah. Para orang tua wali pun tak melepaskan momen itu dengan mengabadikan lewat bidikan ponsel.

    Kegiatan semakin meriah dengan penampilan siswa-siswa SD Muhammadiyah Kebumen yang mementaskan kesenian. Selain itu, dalam kesempatan ini, digelar pameran hasta karya dari karya anak-anak SD Muhammadiyah yang menyita perhatian.

    Ketua Panitia Kegiatan, Esti Rahayu menyampaikan, ada 500 peserta yang mengikuti peragaan manasik haji kemarin. Mereka berasal dari 18 lembaga pendidikan TK dan KB Aisyiyah seKabupaten Kebumen. "Ada juga dari TK di luar Aisyiyah," imbuh Esti ditemui di sela kegiatan.

    Peragaan manasik haji yang merupakan agenda rutin dari PCA Bidang Dikdasmen Kecamatan Kebumen itu bertujuan mengenal rukun Islam kelima sejak dini kepada anak-anak. Harapannya, menambah keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT. "Dan saat dewasa nanti mereka dapat melaksanakannya," imbuhnya.

    Ketua Dikdasmen PCA Kebumen, Dra Endang Setyaningsih di tempat yang sama, mengemukakan,  peragaan manasik haji merupakan program Dikdasmen PCA Aisyiyah Kebumen. Sebelumnya, PCA Kebumen sudah menggelar parenting bagi orang tua wali. Selain itu, pemeriksaan kesehatan bagi siswa. Program yang disebut Aisyiyah Student Care itu diharapkan meningkatkan kesehatan para siswa. "Semoga ke depan lembaga pendidikan Aisyiyah dapat terus berkembang dan maju," imbuhnya.

    Adit (5), siswa TK Syajaarotun Thoyyibah mengaku senang dapat mengikuti peragaan manasik haji. Dia berharap, dapat beribadah haji saat kelak sudah dewasa."Agak lelah tapi menyenangkan," katanya diamini Nilna, siswa lain.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top