HONDA BEAT

  • Berita Terkini

    Jumat, 24 Agustus 2018

    Mahasiswa Unsoed Kembangkan Azolla Microphylla di Kalijaya

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sebanyak 12 mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Kalijaya Kecamatan Alian. Mereka berada di Kalijaya selama 35 hari, sejak 19 Juli hingga 22 Agustus 2018. Salah satu programnya yakni mengembangkan Azolla Microphylla sebagai pakan ternak dan ikan alternatif.

    Mahasiswa yang melaksanakan KKN berasal dari berbagai jurusan meliputi Sosiologi, Teknik geologi, Hubungan Internasional, Matematika, Ilmu dan teknologi pangan, Ekonomi Pembangunan, Managemen, Agribisnis, Hukum, Sastra Inggris, Kesehatan Masyarakat serta Peternakan.

    Azolla Microphylla sendiri, merupakan tanaman sejenis eceng gondok yang mempunyai kandungan gizi tinggi melebihi pakan alternatif lainnya. Azolla Microphylla banyak tumbuh di sawah maupun kolam berair.

    Program ini diharapkan dapat membantu petani dalam mencari alternatif pakan ternak dan ikan. Azolla untuk ternak dan ikan dapat menjadi pakan alternatif yang baik untuk menekan biaya. “Sebab harga Azolla sendiri jauh lebih murah dan tentu saja dapat dikembangkan sendiri oleh masing masing petani,” tutur Ketua KKN Darsono.

    Kepala Desa Kalijaya Subiani dan segenap perangkat Desa Kalijaya menyambut baik mahasiswa yang melaksanakan KKN di desa tersebut. Diharapkan mahasiswa mampu membantu mengembangkan dan turut serta dalam pembangunan desa. “KKN akan memberikan program kerja sesuai dengan empat pilar yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan dengan kegiatan yang bentuknya patrisipatif," jelasnya.

    Dikatakan, kini Pemerintah desa sedang sibuk mengurus pembuatan Rencana Program Jangka Menengah Desa dan Surat Pertanggung Jawaban Desa sehingga dengan adanya mahasiswa KKN diharapkan mampu membantu tugas desa tersebut. “Harapan kami, segala sesuatu yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN mampu membantu masyarakat Desa Kalijaya," jelasnya.

    Pembimbing Mahasiswa KKN Suryanto SKM MSc yang juga Dosen Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan menyampaikan mahasiswa KKN harus mampu menjalankan programnya secara maksimal sesuai dengan kaidah yang telah dipaparkan sewaktu pembekalan KKN. “Salah satu manfaat KKN adalah meningkatkan empati mahasiswa kepada masyarakat,” ujarnya Suryanto sembari mengingatkan agar mahasiswa selalu menjaga nama baik Universitas.

    Pihaknya juga berterima kasih kepada Pemkab Kebumen yang bersedia menerima mahasiswa untuk melaksanakan KKN di Kebumen.

    Kegiatan KKN kali ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 73. Para mahasiswa Unsoed juga turut serta dalam berbagai kegiatan lomba bersama dengan masyarakat. Salah satunya yakni lomba panjat pinang yang dilaksanakan bersama masyarakat RT 1,2,3 RW 3 Dukuh Lengkong Desa Kalijaya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top