• Berita Terkini

    Friday, April 6, 2018

    Sosialisasikan Pilgub Lewat Lomba Drama

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kebumen, menggelar lomba drama remaja 2018 di Aula PGRI Jalan Kaswari Kebumen, kemarin. Sebanyak 10 gurp drama SMA/SMK/MA mengikuti lomba drama yang sekaligus untuk menyosialisasikan Pilgub Jateng.

    Ketua DKD Kebumen Pekik Sat Siswonirmolo, mengatakan lomba dalam rangka peningkatan apresiasi bahasa, sastra dan drama dikalangan pelajar di Kebumen. Selain juga sekaligus kegiatan sosialisasi Pilgub Jateng 2018 oleh KPU Kabupaten Kebumen.

    "Sebagai upaya untuk menyadarkan generasi muda terdidik, dan masyarakat untuk turut peduli dan pro aktif dalam kegiatan Pilgub yang akan diselenggarakan pada 27 Juni 2018 nanti," kata Pekik Sat Siswonirmolo.

    Menurutnya, penyelenggaraan Lomba Drama Remaja DKD 2018 merupakan agenda tahunan DKD Kebumen untuk memberikan ruang berekspresi dan berprestasi bagi komunitas seni  drama dan teater remaja di Kebumen. "Kegiatan ini kita menggandeng KPU Kebumen dalam sosialisasi Pilgub Jateng," ujarnya.

    Anggota KPU Kebumen, Solahudin, mengatakan Lomba Drama Remaja DKD 2018 SMA/MA/SMK dan Mahasiswa se-Kabupaten Kebumen ini juga digunakan KPU sebagai upaya untuk menyadarkan para peserta sebagai generasi muda terdidik. Yang juga selaku pemilih pemula untuk turut peduli dan pro aktif dalam kegiatan Pilgub dan Wagub Jawa Tengah tahun 2018.

    Ketua panitia lomba Pitra Suwita menuturkan Lomba Drama Remaja DKD 2018 SMA/MA/SMK dan Mahasiswa  se-Kabupaten Kebumen  ini sangat menarik. Hal itu dikarenakan ada 10 grup yang akan menunjukkan kreatifitasnya dalam menginterpretasikan naskah drama.

    Pada lomba tersebut setiap peserta dinilai dari aspek artistik, penampilan, penyutradaraan dan keaktoran. Penilian dilakukan oleh tiga orang juri, yang terdiri dari Indriotomo Brigandono (Jakarta) Aris Panji dan Eko Sajarwo.

    Adapun hasil kejuaraan pada lomba tersebut untuk Penyaji Terbaik 1 diraih oleh Teater Revolusi dari SMK Negeri 1 Karanganyar. Penyaji Terbaik 2 Teater Sinar SMA Muhammadiyah Gombong, dan Penyaji Terbaik 3 Teater Cakra dari SMA Negeri 1 Karanganyar.

    Penghargaan untuk Artistik Terbaik diberikan kepada Teater Sinar, Sutradara Terbaik dan artis terbaik diraih oleh pemeran Kedasih dari Teater Revolusi SMK Negeri 1 Karanganyar. Lomba Drama Remaja DKD 2018 didukung oleh KPU Kebumen, memperebutkan tropi DKD Kebumen, sejumlah uang pembinaan dan piagam.(ori)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top