• Berita Terkini

    Sunday, February 11, 2018

    Mahasiswi Jepang Berbagi Ilmu dengan Siswa MAN 1 Kebumen

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Mahasiswi Kansai Gaidai Universiy dan Washington State University asal Negera Jepang Yumi Miyazawa mengatakan Gakko Wa Kireidesu, saat ditanya soal MAN 1 (MANSa) Kebumen. Dalam Bahasa Indonesia Gakko Wa Kireidesu mempunyai arti keren dan cantik.


    Pertanyaan terkait MAN 1 Kebumen tersebut disampaikan oleh Guru Bahasa Jepang MANSa Sri Handayani SS, saat acara junjungan yang dilaksanakan dalam rangka pendampingan Bahasa Jepang di MANSa oleh Nihonggo Partner, Sabtu (10/2/2018).


    Yumi Miyazawa sendiri merupakan salah satu mahasiswi asli Jepang yang kerap bersambang ke beberapa sekolah/madrasah di Indonesia untuk mendampingi atau mengajarkan Bahasa Jepang. Dalam kesempatan kali ini Yumi Miyazawa pun dapat berkomunikasi dengan baik dan lancar bersama para siswa MAN 1 Kebumen.

    Dalam penyampaiannya, Yumi Miyazawa pun mampu membawa para siswa MANsa untuk aktif dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Jepang. Yumi Miyazawa yang ramah, cantik  dan pandai melucu itu pun mampu membuat para siswa MAN 1 Kebumen merasa nyaman.

    Sri Handayani SS menyampaikan, kesan yang diterima oleh Yumi Miyazawa yakni MAN 1 Kebumen keren dan cantik. Lingkungan madrasah yang bersih dan anak-anak yang aktif dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Jepang menjadi kesan tersendiri baginya. “Ini kesan yang ditangkap oleh Yumi Miyazawa,” tuturnya.

    Saat melihat para siswa masuk ke sekolah dengan melepas alas kaki, rupanya juga membuat kagum Yumi Miyazawa. Pasalnya hal itu oleh Yumi Miyazawa baru ditemuinya di MAN 1 Kebumen, yakni saat siswa masuk ke ruangan kelas yang beralaskan karpet. “Mungkin bagi Yumi Miyazawa ini merupakan hal baru, namun ini membuatnya terkesan,” tutur Sri.

    Dari pantauan Ekspres, para siswa memang aktif dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Jepang. Selain mengggunakan Bahasa Jepang beberapa siswa juga terlihat fasih dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris.

    Kepala MAN 1 Kebumen H Mahmudin SPd MAg menyampaikan terdapat ekstra kulikuler Bahasa Jepang di MAN 1 Kebumen. Dalam kesempatan kali ini para siswa dapat langsung berkomunikasi dengan Yumi Miyazawa yang merupakan mahasiswi asal Negera Jepang. “Ini dilaksanakan semata-mata untuk memfasilitasi para siswa. Mudah-mudahan di lain kesempatan Yumi Miyazawa dapat berkunjung kembali ke MAN 1 Kebumen,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top