• Berita Terkini

    Sunday, January 28, 2018

    Hafal Juz 30 Menjadi SKL di SDIT Ibnu Abbas

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Mampu menghafal juz 30 atau Jus ‘Amma pada Al Quran teryata menjadi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) bagi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ibnu Abbas Kebumen. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa siswa lulusan SDIT Ibnu Abbas telah hafal Juz Amma.

    Juz Amma merupakan Juz terakhir dalam kitab Suci Al Quran. Juz tersebut dimulai dari Surat An-Naba' dan diakhiri dengan Surat An-Nas. Juz Amma sendiri terdiri dari 37 surat. Adapun surat-surat pada Juz Amma hampir sebagian besar merupakan Surat Makkiyah atau diturukan di Mekah. Sedang tiga surat lain diantaranya Al-Bayyinah, Al-Zalzalah, dan An-Nashr merupakan Surat Madaniyah atau surat-surat yang diturunkan di Madinah.

    SDIT Ibnu Abbas yang beralamat di Gang Kencana RT 01 RW 06 Jatimulyo Alian tersebut, memang selalu mempunyai terobosan-terobosan untuk terus meningkatktan prestasi siswa.

    Kepala SDIT Ibnu Abbas Murniatun SPd SD melalui Humasnya Luli Setiawan ST menyampaikan, bukan hanya hafal Juz Amma saja, para siswa juga harus mampu menyampaikan secara hafalan dalam waktu 30 hingga 40 menit saja.  Meski hafal namun waktunya melebihi 40 menit, maka siswa tersebut terhitung belum hafal dengan sempurna. “Menghafal Juz Amma dilaksanakan mulai kelas 1 hingga kelas 6. Hal itu dilaksanakan secara bertahap dan berjenjang,” tuturnya di sela-sela kegiatan Exhibition Day, Jumat (26/1/2018).

    Waka Kesiswaan SDIT Ibnu Abbas Adityo Nugroho SPd menyampaikan kegiatan Exhibition Day dilaksanakan selama tiga hari yakni Kamis, Jumat dan Sabtu. Kegiatan dilaksanakan untuk menampikan kreatifitas para siswa. “Banyak sekali kegiatan yang dilaksanakan, semua bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan kompetensi  siswa,” paparnya.


    Dijelaskannya.pada Kamis (25/1), Exhibition Day dilaksanakan dengan kegiatan projek show yakni pameran hasta karya siswa yang berhubungan dengan pelajaran sekolah. Beberapa karya siswa merupakan alat peraga pendidikan seperti IPA, Matematika dan Seni Budaya dan Ketrampilan. Sedangkan Jumat (26/1) Exhibition Day dilaksanakan dengan penampilan ekstra kulikuler siswa, meliputi taekwondo, karate, jurnalis, robotik dan lain sebagainya. “Sedangkan Sabtu (27/1) dilaksanakan Khotmil Quran,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top