• Berita Terkini

    Sunday, January 28, 2018

    Batik Difabel Karya Perajin Blora untuk Jokowi

    SUBEKAN/RADAR KUDUS
    BLORA  - Keterbatasan fisik tidak membuat kaum difabel Blora berpangku tangan. Melalui komunitas Difabel Blora Mustika (DBM), penyandang disabilitas ini eksis dalam pembuatan batik.

    Bahkan, saat ini sudah membuat dua batik spesial yang bakal dikirimkan kepada orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pengiriman akan melalui kantor pos.

    Kandar, salah satu difabel Blora mengaku, batik karyanya saat ini sudah dipakai beberapa pejabat. Mulai dari bupati hingga Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Beberapa waktu lalu juga sempat mendapat kunjungan dari orang nomor satu di Jawa Tengah itu.

    “Kami secara khusus membuat dua batik untuk Pak Jokowi. Yaitu bermotif kursi roda dan ranting jati. Harapannya bisa dikenakan secara pribadi oleh beliau,” ucapnya.

    Laki-laki yang tidak memiliki dua tangan ini menambahkan, alasan membuat batik untuk Jokowi ini agar Jokowi bangga dengan hasil karya kaum difabel, khususnya yang ada di Kabupaten Blora. Dikatakan, motif kursi roda menunjukkan ciri khas sebagai orang difabel. Sementara ranting jati sebagai ciri khas Kabupaten Blora.
     “Kami ingin karya teman-teman difabel Blora khususnya, bisa untuk contoh difabel yang belum berkarya,” harapnya.

    Ditambahkan, proses pengerjaan dimulai Sabtu (27/1) lalu bersama tujuh difabel lainnya. Saat ini sudah selesai 90 persen. ’’Kainnya yang biasa digunakan untuk batik tulis. Perkiraan Senin siang (hari ini) sudah kami kirim lewat pos,” jelasnya.

    Kandar mengaku, keinginannya untuk memberikan batik kepada Jokowi sudah mendapat respon dari staf kepresidenan. Sehingga dia bersama teman-temannya memberanikan diri membuat batik tersebut.

    Kandar pun mempunyai impian Presiden Jokowi suatu saat bisa berkunjung di sanggar batik DBM, di Jalan Hasanudin Kamolan, Kecamatan Kota Blora. (sub/aji)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top