• Berita Terkini

    Monday, January 29, 2018

    DKD Kebumen Fasilitasi Pembentukan Forum Komunitas Ebleg

    istimewa
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Para seniman kuda lumping Kebumen atau ebleg sepakat membentuk Forum Komunitas Ebleg Kebumen. Pembentukan forum tersebut terbentuk di Rumah Budaya Bumi Bimasakti Kauman Kebumen, Minggu (28/1/2018).


    Sedikitnya 70 seniman ebleg, yang merupakan perwakilan dari sekitar 50 group ebleg yang ada di Kabupaten Kebumen hadir pada acara tersebut. Turut hadir pada pertemuan itu, Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Kebumen, Pekik Sat Siswonirmolo, beserta jajaran pengurusnya, Ketua komunitas Persatuan Pecinta Kuda Lumping Kebumen (PPKLK), Rakhmat. Serta pecinta budaya di Kebumen.

    Ketua DKD Kebumen, Pekik Sat Siswonirmolo, mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka kegiatan  pembinaan, pengembangan dan pelestarian kesenian di Kabupaten Kebumen. Untuk itu DKD Kebumen terus mendorong dan memfasilitasi komunitas beberapa cabang seni untuk menyelenggarakan pertemuan, dalam rangka koordinasi maupun konsolidasi.

    “Setelah mengumpulkan anggota komunitas jamjaneng Pastrajakkep Kebumen, kemarin DKD Kebumen kembali mengumpulkan komunitas kuda kepang atau ebleg Kebumen," kata Pekik Sat Siswonirmolo.

    Pada pertemuan tersebut melaui sistem formatur, berhasil terbentuk forum komunitas Ebleg di Kebumen dengan nama Forum Komunitas Ebleg Kebumen "EKA", dengan ketuanya Slamet Sodirin.

    Pemberian nama EKA merupakan singkatan dari kata Ebeg Kebumen Aji. Adapun filosofi dari nama tersebut merupakan suatu harapan agar Ebleg di Kebumen dapat menjadi lebih Aji atau lebih berharga.

    Ketua Forum Komunitas Ebleg Kebumen EKA, Slamet sodirin, berharap adanya forum tersebut sebagai sarana menjalin komunikasi antar komunitas ebleg Kebumen. Sehingga mempererat persatuan komunitas ebleg Kebumen. Juga sebagai jembatan penghubung antara komunitas ebleg Kebumen dengan Dewan Kesenian Daerah dan Pemkab Kebumen.

    Pembentukan forum komunitas ebleg ini ternyata disambut antusias oleh para pelaku kesenian ebleg di Kebumen. Mereka berharap dengan adanya forum tersebur dapat membantu memecahkan permasahan yang muncul diseputar kesenian ebleg, baik berkaitan tentang pementasan, pendanaan, maupun bantuan peralatan.

    Bahkan dalam rangka menyikapi antusiasme para pelaku kesenian ebleg yang hadir pada kesempatan tersebut. DKD Kebumen mendukung adanya wacana pementasan parade seribu penari ebleg di Alun-alun Kebumen pada Agustus mendatang.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top