• Berita Terkini

    Sunday, October 1, 2017

    Tahun Depan, MAPSI SMP Didanai APBD

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Tahun depan rencananya pelaksanaan Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) di Kebumen, menggunakan anggaran APBD. Saat ini pelaksanaan MAPSI SD di Kebumen memang telah menggunakan  dana APBD, namun untuk MAPSI tingkat SMP masih menggunakan dana swadaya, mandiri dan sponsor.

    Hal itu disampaikan Ketua Panitia Pelaksana H Akhmad Muja’i SAg, Sabtu (30/9/2017), di sela-sela pembukaan  MAPSI tingkat SMP tingkat Kabupaten Kebumen yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kebumen. "Mudah-mudahan tahun depan dapat dilaksanakan menggunakan anggaran APBD,” tuturnya.

    Sementara itu, MAPSI tingkat SMP tahun 2017 ini diikuti oleh 631 siswa dari 67 sekolahan dan berlangsung di SMP Negeri 3 Kebumen. Adapun cabang lomba yang dilaksanakan pada MAPSI yakni Pidato untuk Putra dan Putri, Tilawah Al Quran Putra Putri, Tartil Al Quran Putra dan Putri, Tahfidz Al Quran Putra dan Putri, Kaligrafi putra dan putri.  Selain itu juga terdapat Cerdas Cermat Islam (CCI) dan Rebana.

    Kegiatan MAPSI dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz. Turut Hadir pada acara pembukaan tersebut, Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kebumen H Agus Sunaryo SPd MPd, Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kebumen Anwarudin SPdI MSi.

    Pelaksanaan MAPSI, lanjut H Akhmad Muja’i, dilaksanakan guna menjalin silaturahmi antar peserta didik baik SMP Negeri dan Swasta. MAPSI juga untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang IPTEK dan IMTAQ. “Selain itu MAPSI juga untuk mencari bakat dan potensi peserta didik dalam bidang mata pelajaran  Agama Islam dan Seni Islam,” tegasnya.

    Sementara itu dalam sambutannya, Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz menegaskan, selama ini MAPSI SD sudah masuk dan didanai oleh APBD, sedangkan MAPSI SMP memang belum.

    Wakil Bupati telah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Bapeda agar pelaksanaan MAPSI SMP di masukkan di APBD. “Di hadapan semua yang hadir, saya berjanji untuk mengusahakannya. Mudah-mudahan tahun 2018 pelaksanaan MAPSI SMP sudah bisa masuk APBD,” ucapnya.

    Adapun Juara Lomba MAPSI SMP ke 7 tahun 2017 ini yakni, Pidato Putra SMP Negeri 1 Puring, Putri SMP Negeri 1 Kebumen. Tilawah Al Quran Putra dan Putri SMP VIP Al Huda. Tartil Al Quran Putra  SMP Muhammadiyah 2 Kebumen dan Putri SMP VIP Al Huda. Tahfidz Al Quran Putra SMP Ar Risalah Kuwayuhan dan Putri SMP VIP Al Huda. Lomba Kaligrafi Putra SMP Negeri 2 Gombong dan Putri SMP Negeri 1 Kebumen.  Sedangkan untuk lomba terdapat Cerdas Cermat Islam (CCI)  dimenangkan oleh SMP Negeri 1 Sempor dan Lomba Rebana dimenangkan oleh SMP Negeri 1 Ambal.

    Untuk juara 1 pada setiap cabang lomba, kategori putra dan putri akan diikutkan dalam lomba MAPSI SMP Ke 7 tingkat Provinsi Jawa Tengah yang akan dilaksanakan pada 27-29 Oktober mendatang. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top