• Berita Terkini

    Wednesday, August 2, 2017

    Siswa SMAN 1 Klirong Dapat Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

    ondoforekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Ratusan pelajar SMAN 1 Klirong, kembali diingatkan pentingnya empat pilar kebangsaan. Selain diajak kembali memahami empat pilar kebangsaan, para siswa juga diajak mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

    Hal itu disampaikan saat acara reses Anggota Komisi X DPR RI, Drs GM Utut Adianto di Kebumen, yang digelar di SMAN 1 Klirong, Rabu (2/8/2017). Sebanyak 715 siswa yang terdiri dari kelas X-XII antusias mengikuti materi yang disampaikan Tim Utut Adianto, Banteng Pringgondani beserta jajarannya. Selain Banteng, hadir kemarin Tim Utut masing-masing Al Rizoma Akrom, Alif Prihantoro, Mukarom dan Dimas Aditya.

    Tampak juga kemarin, Sekjen DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kebumen, Bambang Tri Saktiono serta anggota DPRD Kebumen, Dian Lestari SP. Acara yang dipandu Febi dan Dian Lestari itupun berlangsung gayeng. Siswa, guru dan kepala Sekolah SMAN 1 Klirong Rahmi Lestari Rahayuni terlihat antusias hingga akhir acara.

    Adapun Utut, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan VII (Kebumen, Banjarnegara, Purbalingga) tak bisa hadir dalam kesempatan itu lantaran perintah mendadak dari Presiden Joko Widodo.

    Dalam paparannya, Banteng Pringgondani dan Mukarom mengatakan, empat pilar kebangsaan terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika tak bisa dilepaskan dari kelahiran negara Indonesia. Empat pilar itu mempersatukan Bangsa Indonesia yang majemuk sehingga menjadi satu kesatuan sebagai syarat mencapai tujuan berbangsa dan bernegara yakni berdaulat dalam bidang politik dan berdikari di bidang ekonomi.

    Sekaligus membentengi generasi muda dari gempuran budaya asing yang tidak sesuai. Empat pilar ini kemudian diwujudkan dalam program nawa cita Presiden Jokowi. "Oleh sebab itu, empat pilar ini tak hanya penting dipahami namun juga harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari," kata Mukarom di hadapan para siswa.
     
        Sementara, Bambang Tri Sakti kembali mengingatkan pentingnya pluralisme bangsa Indonesia. Dan, empat pilar itulah yang mempersatukan bangsa Indonesia.

    Dalam kesempatan itu, Tim Utut Adianto juga menggelar diskusi dan tanya jawab dengan para siswa. Bagi yang berhasil menjawab dengan benar, Tim Utut memberikan hadiah. Di penghujung acara, Tim utut Adianto menyampaikan beasiswa bagi  10  siswa berprestasi SMAN 1 Klirong. Di hari yang sama, para siswa juga mendapat sosialisasi kesehatan reproduksi.  
    Selain di SMAN 1 Klirong, Utut Adianto juga menggelar reses di Desa Balingasal Kecamatan Padureso yang diikuti masyarakat dan kader PDIPerjuangan. (cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top