• Berita Terkini

    Friday, August 11, 2017

    Jelang 17 Agustus, Paskibra Kebumen Terus Digembleng

    saefur/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) terus digembleng keras jelang peringatan HUT Kemerdekaan ke-72 RI yang sudah di depan mata. Nantinya 47 anggota Paskibra ini akan bertugas pada upacara  17 Agustus, Kamis pekan depan.

    Salah satu pelatih Paskibra, Sersan Marjuki menuturkan, latihan digelar sejak 24 Juli 2017 hingga Selasa (15/8/2017) mendatang.

    "Tiap hari kami berlatih sejak pukul 06.30 WIB hingga sore hari dengan diselingi ishoma," ujar anggota Kodim 0709 Kebumen ini, Jumat (11/8/2017).

    Marjuki menambahkan, untuk tahap awal latihan difokuskan pada fisik dan pengetahuan baris-berbaris (PBB). Selain itu semua anggota paskibra juga mendapat materi  pembekalan wawasan kebangsaan.

    Dia sadar jika di pundak muda-mudi terdapat tugas cukup berat yakni menjadi paskibra pada upacara 17 Agustus tingkat kabupaten. Untuk itulah, perlu mendapat materi pelatihan yang maksimal dari instruktur-instruktur profesional.

    "Anak anak tidak dilatih baris berbaris saja, tapi juga soal kekompakan, fisik maupun mental hingga manajemen organisasi," ucap dia.
    Mengingat waktu latihan yang tinggal hitungan hari, Marjuki mengatakan akan semakin memaksimalkan latihan. Rencananya, sehari sebelum hari kemerdekaan, tepatnya Rabu (16/8) akan dilakukan gladi bersih di alun-alun Kebumen.

    "Ini juga untuk menyiapkan mental para anggota Paskibra agar bisa tampil terbaik pada hari H upacara," imbuhnya.
    Ditambahkannya, 47 anggota paskibra terdiri dari 31 putra dan 16 putri siswa  SMA sedereajat. Mereka merupakan anggota paskibra yang berhasil lolos seleksi dari seluruh penjuru Kebumen.

    Berbeda dengan tahun lalu yang seleksi dilakukan di tingkat pusat, maka mulai tahun ini seleksi diserahkan ke tingkat daerah Kabupaten. Perubahan itu sesuai dengan Permenpora No. 0065 Tahun 2001. "Karena itu, pada 2017 ini jumlah peserta seleksi paskibra kabupaten kebumen yang dikirim oleh sekolah lebih banyak dari tahun lalu, untuk pilihan terbaik nantinya tahun depan akan kita kirimkan ketingkat provinsi," tambah Marjuki.

    Ia berharap dengan latihan dan persiapan para anggota paskibraka yang telah memakan waktu dan proses pengemblengan baik fisik dan mental untuk dapat menunjuan perform terbaik pada waktu pelaksanaan. "Harapanya mereka dapat tampil terbaik dan maksimal untuk mengharumkan nama Kebumen, juga kepada generasi pemuda kebumen harus punya motivasi tidak harus ikut paskriba namun bisa andil hal lain untuk berguna bagi bangsa dan negara dengan prestasi lain," tutupnya. (saefur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top