• Berita Terkini

    Sunday, June 11, 2017

    Stasiun Kutoarjo Berbenah Sambut Pemudik

    PURWOREJO- Stasiun Besar Kutoarjo mula berbenah guna menghadapi mudik lebaran 2017. Beberapa fasilitas tambahan mulai dibangun serta diperbaiki guna menyambut pemudik. Pihak stasiun juga telah menyiapkan ejumlah gerbong kereta tambahan.

    Kepala Stasiun Besar Kutoarjo, Satrio Andi Nugroho menyebutkan, hingga pertengahan Ramadhan, pihaknya telah menerima secara khusus kereta cadangan atau tambahan. Guna memastikan sistem operasi kereta layak jalan, kereta-kereta tersebut kini tengah dilakukan pengecekan di bengkel kereta.

    "Kita mendapat tambahan kereta dari stasiun lain di luar cadangan yang ada. Semuanya harus dicek secara keseluruhan, misal pendingin ruangan, kondisi roda dan sebagainya. Jadi kereta benar-benar layak jalan saat digunakan," kata Satrio.

    Dikatakan, Stasiun Besar Kutoarjo juga akan melakukan penambahan kursi untuk tiga kereta api. Yakni tambahan 1.600 seat bagi Kutojaya, 1.696 shet bagi Kutojaya Lebaran serta Kutojaya Selatan ditambah sebanyak 1.368 shet.

    Wakil Kepala Stasiun Besar Kutoarjo, Arief menambahkan, berbagai kegiatan dilakukan sebagai persiapan menyongsong arus balik dan mudik Lebaran 2017. Disamping melakukan kegiatan rutin seperti kebersihan dan perawatan lingkungan, keberadaan kamar kecil cukup mendapat perhatian. Beberapa peningkatan juga dilakukan mengingat kebutuhan penumpang usai turun dari kereta. "Sampai bagian terkecil kita perhatikan, agar kenyamanan dan kepuasan penumpang," imbuhnya.

    Lebih lanjut dikatakannya, perbaikan sarana pendukung seperti lampu maupun layar monitor bagi pengunjung juga mulai dilakukan. Diharapkan semua bisa berfungsi dengan baik saat waktunya tiba.

    "Kalau fasilitas secara khusus di tahun ini ya tidak ada. Tahun kemarin sudah ada semua seperti layanan sendiri pembelian tiket maupun pengecekan dan pencetakan tiket," katanya.

    Tidak kalah menarik adalah peningkatan pelayanan yang dipersiapkan bagi penumpang, karena hingga petugas pengangkut barang juga mendapat pembinaan. Setidaknya mereka tidak sekedar membantu penumpang membawakan barang, namun bisa membantu mengatasi permasalahan yang ada pasa penumpang.

    "Itu misalnya, penumpang bingung keretanya itu nanti apa seperti di tiket dan berangkatnya jam berapa, mau nyetak dimana, petugas pengakut barang itu bisa membantu," imbuhnya. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top