• Berita Terkini

    Saturday, June 10, 2017

    Pendaftar Online SMA Terseleksi Otomatis

    FARUQ HIDAYAT/RADAR KUDUS
    KUDUS – Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online untuk SMA dan SMK khusus negeri dimulai hari ini. Namun, proses pendaftarannya berbeda dengan SMK. Perbedaannya, di SMA tak ada tes, peserta yang mendaftarkan diri secara online akan terseleksi dengan sendirinya oleh sistem.

    Seleksi otomatis ini, di antaranya melalui nilai.”Pendaftar dengan sendirinya terseleksi sesuai nilai formula seleksi dan rumus pembobotan hasil ujian nasional. Jika nilainya rendah, akan tergeser dan terus begitu jika ada yang lebih tinggi. Selain itu sama dengan SMK,” kata Waka Kesiswaan SMAN 1 Kudus Nurkhamid.

    Di SMA, pendaftaran juga digelar 11-14 Juni. Kemudian penyerahan berkas verifikasi 12-14 Juni. Sedangkan untuk kuota penerimaan siswa baru di SMAN 1 Kudus hanya 432 siswa.

    Sementara untuk persiapan PPDB, pihaknya mengaku sudah melakukan berbagai persiapan. ”Pelayanan verifikasi akan kami lakukan di aula. Karena waktunya pendek, pukul 08.00-13.00. Jadi, personelnya kami buat banyak, agar terlayani dengan baik,” imbuhnya.

    Sementara itu, berbagai persiapan sudah dilakukan masing-masing sekolah untuk melayani pendaftaran kemarin. Di antaranya di SMK 1 Kudus. Mulai dari tempat untuk verifikasi data hingga tempat computer base tes sudah dipersiapakan.

    Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan (Waka Kesiswaan) sekaligus Ketua PPDB SMK 1 Kudus Imam Santosa mengatakan, persiapan komputer sudah dilakukan. Pihaknya tinggal tempat untuk verifikasi. ”Nantinya akan kami tempatkan di aula sekolah. Ini masih digunakan untuk rapat, tapi setelah itu langsung kami tata untuk tempat verifiksi,” katanya.

    Dia menyampaikan, PPDB online SMK negeri dilakukan serentak pada 11-14 Juni. Hal ini sesuai dengan prosedur dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Kemuadian validasi dan verivikasi data dilakukan 12-14 Juni. Sedangkan tes khusus dilakukan 15 Juni.

    ”Untuk tes khusus, kami menggunakan komputer. Hanya sehari, dimulai pukul 07.30 hingga selesai. Materi tesnya nanti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, dan dasar kejuruan,” ungkapnya.

    Dia melanjutkan, SMKN 1 Kudus menargetkan peserta pendaftaran mencapai 1.440 peserta. Untuk tes berbasis komputer sudah disiapkan lima ruang komputer. Tiap ruang bisa menampung 36 perserta. Namun, dia menyampaikan kuota yang diterima hanya 540 siswa baru. Sedangkan untuk pencabutan berkas dilakukan 14 Juni pukul 10.00 hingga selesai. (ruq/lin)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top