• Berita Terkini

    Saturday, June 17, 2017

    Pemkab Kebumen Jamin Stok Sembako Aman Selama Lebaran

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Menjelang Lebaran 2017, Pemkab Kebumen menjamin kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) aman. Demikian mengemuka dalam rapat koordinasi Koordinasi Ekonomi, Keuangan dan Industri Daerah (Ekuinda) menjelang Lebaran 2017, di Ruang Jatijajar Komplek Rumah Dinas Bupati, Kamis (15/6/2017).

    Data dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kebumen menunjukkan, stok gula pasir  tersedia sebanyak 997 ton/ bulan dengan kebutuhan 767  ton/ bulan. Persediaaan minyak goreng sebanayak 1.315 ton, kebutuhan  1.096 ton,  telur ayam ras tersedia 678 ton, sementara kebutuhan  hanya  565 ton,  tepung terigu  tersedia  500 ton, kebutuhan  475 ton. Sedangkan untuk ketersediaan daging ayam ras sebanyak 713 ton, dengan kebutuhan 594 ton serta cadanagn daging sapi sebanyak 77,2 ton dengan  kebutuhan sebanyak 59,4 ton.

    Sementara itu, cadangan pangan di Kabupaten Kebumen relatif aman. Setidaknya, pada bulan Mei-Juni 2015, untuk cadangan  pangan di masyarakat saja, dalam bentuk  gabah kering giling mencapai 934,33 ton.

    Cadangan pangan  masyarakat tersebut tersimpan di lumbung pangan desa di 42 lumbung sebanyak 415,01 ton, di Lembaga  Distribusi Pangan masyarakat yang  tersebar  di 22 LDPM sebanyak 122,36 ton. Kemudian di kelompok tani pelaksana  Kegiatan  Dana Talangan  Pengadaan pangan  sebanyak 333,33 ton dan LUPM 4 gapoktan 63,63 ton.  Sementara  Cadangan  pangan pemerintah  sebanyak 4.042,59 ton beras tersimpan di Gudang Bulog Kebumen 3.983 ton. Kemudian cadangan pangan yang dikelola Dinas Pertanian

    Rapat Ekuinda yang dibuka oleh Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad tersebut juga dihadiri  Wakapolres Kebumen Kompol Cristian Aer, pimpinan OPD, Camat, Hiswana Migas, Organda, Muspika se Kabupaten Kebumen.

    Bupati Kebumen dalam sambutannya berharap dari rapat tersebut dapat dibangun kesamaan persepsi serta koordinasi yang baik antar lintas sektoral.

    Sehingga masyarakat Kebumen saat merayakan Lebaran dapat  merasa nyaman dan aman. Termasuk juga untuk melihat  sejauh mana kesiapan infrastruktur dan sarana moda transportasi. Kesiapan sarana prasarana kesehatan dan tanggap darurat, kesiapan penyediaan kebutuhan pokok masyarakat, kesiapan keamanan dan ketertiban masyarakat, serta kesiapan sosial dan keagamaan.

    "Kita sebagai pelayan masyarakat, harus selalu siap memberikan pelayanan terbaik. Khususnya menjelang Idul Fitri. Harapannya, penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat dapat terlaksana dengan baik dan tidak ada gejolak atau permasalahan di masyarakat," tegasnya.(ori)dan Pangan 59,59 ton beras.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top