• Berita Terkini

    Friday, May 5, 2017

    Pameran Alutsista Meriahkan Penutupan TMMD

    Sudarno Ahmad/Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap I tahun 2017 tingkat Kabupaten Kebumen 2017 resmi ditutup oleh Komandan Kodim 0709 Kebumen Letkol Kav Suep. Penutupan dilakukan di lapangan Desa Banjarjo Kecamatan Ayah ditandai dengan pemukulan kentongan, kemarin.

    Pelaksanaan kegiatan TMMD dilaksanakan selama satu bulan penuh dari 5 April hingga 3 Mei 2017. Hadir pada penutupan TMMD ke-98 tersebut, Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz,  anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Anggota DPRD Kebumen Sudarmaji, serta sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Kebumen.

    Pada penutupan TMMD tersebut Letkol Suep, membacakan sambutan KSAD yang juga sebagai penanggung jawab operasional TMMD ke 98, Jendral TNI Mulyono, yang menyampaikan pesan pelihara terus semangat kebersamaan dan kemanunggalan TNI bersama rakyat. Tidak mudah terhasut dan terprovokasi oleh pihak manapun yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

    "Semangat gotong royong hendaknya terus dilestarikan sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terjalin dengan baik. Pelihara hasil program TMMD agar manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat dalam kurun waktu cukup panjang," katanya.

    Dia mengatakan bahwa pada tahun 2017 ini, program TMMD yang semula dilaksanakan diselenggarakan dua kali dalam setahun, ditambah menjadi tiga kali dalam setahun. Hal ini dilakukan, selain sebagai bentuk kepedulain TNI dalam membantu akselerasi program pembangunan diwilayah-wilayah yang sulit terjangkau.

    Di samping itu juga sebagai salah satu upaya untuk melestarikan budaya luhur bangsa Indonesia yang menjadi makna inti dari Pancasila yaitu gotong royong.

    "Melalui pelestarian budaya gotong royong dan kemanunggalan dalam program TMMD ini, diharapkan kita dapat semakin membentengi diri dari potensi disintegrasi yang dipicu oleh sentimen perbedaan dan sikap intoleransi," beber Suep.

    Pada pelaksanaan TMMD ke 98 tahun 2017 di Desa Banjararjo, telah menyelesaikan sejumlah kegiatan fisik seratus persen.  Yaitu membangun jalan desa dengan  cor beton sepanjang 364,85 meter. Kemudian membangun talud sepanjang 24 meter dan merehab Rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak lima rumah.

    Selain kegiatan fisik, TMMD kali ini juga melaksanakan kegiatan non fisik seperti penyuluhan bela negara, penyuluhan kamtibmas dan narkotika, penyuluhan kesehatan, penyuluhan pertanian, penyuluhan HIV/AIDS, penyuluhan hukum,  serta penyuluhan lainnya akan dilaksanakan oleh instansi lintas sektoral. Hingga pemutaran film.

    Usai penutupan TMMD dilaksanakan penandatanganan dan penyerahan berita acara serah terima hasil pelaksanaan kegiatan TMMD ke-98 2017 dari Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav Suep, kepada Wakil Bupati Yazid Mahfudz. Kemudian dilanjutkan dengan meninjau pameran Alusista dan pasar rakyat.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top