• Berita Terkini

    Saturday, May 27, 2017

    Maduretno Boyong 4 Penghargaan di Festival Desa Wisata Kebumen

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Desa Maduretno Kecamatan Buluspesantren memborong penghargaan pada ajang Festival Desa Wisata yang digelar Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dispora Wisata) Kabupaten Kebumen. Dalam ajang tingkat kabupaten yang digelar  di alun-alun Kebumen, Minggu (21/5/2017) dan diikuti 18 desa itu, Maduretno meraih empat penghargaan sekaligus menyabet juara umum II.

    Penghargaan diserahkan Kepala Dinas Dispora Wisata, H Azam Fatoni SH MSi kepada Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sumber Madu Desa Maduretno, Ikhwan Taufik dan pengurus.

    Ikhwan Taufik mengatakan, pada kesempatan itu pihaknya memaparkan dan menyajikan obyek wisata Wiskuno. Sejak diluncurkan pada Februari 2017, Obyek wisata rintisan yang beralamat di RT 01 RW 03 Desa Maduretno tersebut memilik wahana pemancingan, outbond serta petualangan susur Sungai Luk Ulo.

    Hasilnya, Maduretno meraih juara 1 untuk kategori presentasi program dan stand pameran. Ditambah apresiasi seni yang meraih juara 2. Hasil-hasil itu mengantarkan Maduretno meraih juara umum 2.

    "Alhamdulillah meskipun tergolong baru, Wiskuno mampu berbicara di tingkat kabupaten. Ini berkat kerja keras tim dan dukungan pemerintah desa serta warga masyarakat Maduretno khususnya," ujar pria yang akrab disapa Taufik tersebut.

    Adapun hasil selengkapnya Festival Desa Wisata Kabupaten Kebumen 2017; juara umum diraih Desa/Kecamatan Karangsambung. Juara umum II, Desa Maduretno dan Bulupitu (Kutowinangun) di tempat ketiga. Juara harapan satu sampai tiga berturut-turut, Desa Peniron (Pejagoan), Adiluhur (Adimulyo) dan Candirenggo (Ayah).

    Sementara lomba prestasi, juara 1 Maduretno (Buluspesantren), Juara II Karangsambung, Juara III Desa Jemur. Juara 1 Apresiasi Seni diborong dari tiga desa perwakilan Kecamatan Ayah masing-masing Desa Srati (juara I), Juara II Jatijajar dan Juara III Argopeni.

    Berikutnya, lomba pameran juara 1 Desa Maduretno, juara II Bulupitu dan Juara III Desa Sitiadi (Puring). Sementara lomba Pokdarwis, juara 1 Adiluhur, Juara II Maduretno dan juara III Desa Karangsambung.

    Kepala Seksi Sumber Daya Pariwisata Dinas Porabud Kebumen, Martinus Yudantoro mengatakan, penilaian secara umum meliputi kuisoner desa wisata dan pokdarwis dengan prosentase 25 persen,paparan profil dan program 25 persen, apresiasi seni 25 persen, dan pameran 25 persen.

    Sedangkan untuk Pokdarwis terbaik diambil dari penilaian paparan Pokdarwis dan profil Pokdarwis.

    "Juara I,II dan III Pokdarwis akan dikirim porfilnya untuk mengikuti lomba tingkat Provinsi Jateng," ujar Martinus.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top