• Berita Terkini

    Sunday, April 2, 2017

    Sambut HUT Ke-111, Pekalongan Gelar Istighotsah

    M. AINUL ATHO'
    PEKALONGAN - Rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Pekalongan ke 111, (1/4), diisi berbagai kegiatan menarik mulai dari kegiatan yang kental dengan nuansa religius hingga kegiatan kirab yang menjadi cirikhas setiap hari jadi.

    Diawali istighotsah yang digelar di Lapangan Jetayu mulai pukul 07.00. Istighosah yang dipimpin oleh KH Musofa Bakri tersebut, dihadiri oleh Walikota, Ketua TP PKK dan Wakil Walikota beserta istri, Ketua DPRD, FKPD, ulama dan habaib, ASN Kota Pekalongan serta masyarakat umum.

    Penyelenggaraan istighotsah, menjadi salah satu kegiatan rutin yang digelar pada peringatan hari jadi setiap tahunnya. Di akhir istighotsah, juga dilakukan pemotongan tumpeng sebagai simbol syukur Kota Pekalongan yang sudah mencapai umur 111 tahun.

    Potongan tumpeng pertama diserahkan Walikota Pekalongan kepada Ketua DPRD yang mewakili masyarakat Kota Pekalongan.

    Walikota, A Alf Arslan Djunaid SE  mengatakan, istighotsah merupakan bentuk rasa syukur dan doa bersama semua elemen masyarakat agar kedepan Kota Pekalongan dapat diberikan keberkahan baik bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat umum. "Kami menggelar acara peringatan HUT dengan sangat sederhana, dengan tujuan agar konsep Brayan Kerja, Brayan Urip bisa benar-benar dirasakan semua masyarakat. Istighotsah merupakan doa yang bisa dilakukan secara bersama-sama, sehingga akan lebih berpeluang dikabulkan demi kesejahteraan bersama," kata Walikota dalam sambutannya.

    Dalam mewujudkan Kota Pekalongan yang sejahtera, Walikota menyatakan akan menggandeng seluruh elemen agar bersama mencapai Kota Pekalongan yang sejahtera. "Pertama, semua ASN akan diberi pelatihan agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal. Sehingga target kami dalam dua tiga taun kedepan, kami bisa membangun Kota Pekalongan yang lebih baik lagi," jelas Walikota.

    Selanjutnya, Kota Pekalongan juga memiliki banyak aghniya yang bisa membantu sesama. Walikota, juga akan mengajak komunitas untuk berperan serta membangun Kota Pekalongan. Kemudian, Walikota juga ingin meminta dukungan, dan masukan masyarakat dalam bentuk saran dan kritik. "Jadi seluruhnya akan terlibat dalam pembangunan Kota Pekalongan," kata Alex, sapaan Walikota.

    Selain untuk mendoakan Kota Pekalongan, Alex mengatakan bahwa istighotsah juga menjadi salah satu cara untuk menyatukan semua elemen masyarakat, sehingga terjalin kebersamaan dan persatuan di Kota Pekalongan. "Persatuan dan kesatuan harus terus kita jaga demi mewujudkan NKRI," katanya.

    Ketua DPRD Kota Pekalongan, Balgis Diab, juga menyampaikan harapan kepada Kota Pekalongan dalam umurnya yang ke 111. Balgis berharap dengan digelarnya istighosah, seluruh harapan masyarakat Kota Pekalongan dapat dipanjatkan bersama-sama. "Harapannya kedepan Kota Pekalongan semakin makmur, semakin jaya dan masyarakatnya juga diberikan kesehatan lahir batin. Dan Kota Pekalongan tercinta ini, harus kita bangun bersama, sehingga akan berkmbang lebih baik lagi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," harap Balgis.(nul)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top