• Berita Terkini

    Monday, April 24, 2017

    Kebumen Juara Lomba Masakan Khas Jateng

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Tim lomba dari Kabupaten Kebumen meraih juara I lomba masakan khas daerah Jawa Tengah, yang digelar oleh  Disperindag Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan TP PKK Provinsi Jateng. Lomba yang digelar di Carrefour DP Mall Pemuda Semarang, pekan lalu, tim Kabupaten Kebumen berhasil menyisihkan 43 peserta lainnya se Jawa Tengah.

    Atas prestasinya, tim lomba Kabupaten Kebumen pun berhak mewakili Jawa Tengah pada lomba masakan khas daerah tingkat Regional di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, pada Agustus mendatang.

    Pengurus TP PKK Kabupaten Kebumen, Ny Cici Supriyanto, menjelaskan perwakilan Kebumen berhasil menjadi juara setelah menyajikan sayur khas Kebumen. Yaitu sayur penggel. Sedangkan nasinya adalah nasi beras analog yang terbuat dari jagung dan singkong hasil karya perajin Desa Plumbon Kecamatan Karangsambung. Nasi sengaja dibentuk seperti pelangi agar menarik. Sambalnya yang merupakan menu wajib dalam lomba tersebut adalah sambal ikan kathing hasil karya perajin sambal botol dari Kecamatan Gombong. "Kami memang ingin menampilkan menu khas Kabupaten Kebumen," kata Ny Cici Supriyanto, kemarin.

    Sebagai lauknya, lanjut dia, sate jamur, ditambah kudapan berupa kue yang terbuat dari singkong dan jus aneka buah. Display masakan juga menggunakan piranti hasil karya perajin Kebumen dari Desa Somagede Kecamatan Sempor. "Yaitu aneka piring datar yang terbuat dari bambu tembelang," ujarnya.

    Tim lomba Kabupaten Kebumen terdiri dari unsur Disperindag dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kebumen. Tim ini berhasil menyisihkan 43 peserta terdiri dari 27 TP PKK Kabupaten/kota se Jawa Tengah dan 16  SMK Boga di Jateng.

    Selain tropi, sebagai juara 1 diperoleh pula hadiah uang pembinaan sebesar Rp 7,5 juta serta berhak mewakili Jawa Tengah dalam lomba serupa tingkat nasional. Juara II diraih Kabupaten Semarang, dan juara III Kota Pekalongan. Sedangkan, harapan I SMKN 1 Kudus, harapan II Kabupaten Banyumas, dan harapan III Kabupaten Sragen.

    Masing-masing pemenang mendapat tropi, piagam penghargaan, dan uang pembinaan. Juara I mendapat uang tunai Rp7,5 juta, juara II Rp 6 juta, juara III Rp 5 juta. Harapan I Rp 4 juta, harapan II Rp 3 juta dan harapan III Rp 2 juta.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top