• Berita Terkini

    Friday, January 13, 2017

    Ombak Tinggi, Nelayan Purworejo Tidak Melaut


    PURWOREJO- Ombak tinggi pesisir selatan membuat ratusan nelayan di Pantai Jatimalang, Kecamatan Purworejo tidak berani melaut. Kondisi para nelayan semakin sulit karena lahan pertanian sebagai usaha lain juga tidak bersahabat.

    "Ibaratnya sedang musim paceklik. Saat ini semuanya sedang sulit," kata salah satu nelayan Jatimalang, Anwar (35) yang ditemui sedang membersihkan jaring,
    kemarin.
    Kondisi saat ini, menurut Anwar, lebih sulit dibanding tahun sebelumnya dimana mereka bisa menikmati hasil panenan bawal laut. "Sudah sekitar tiga bulanan tidak melaut. Kalaupun melaut ya bisa tidak dapat apa-apa, paling hanya nyampah," tambahnya.

    Tidak banyak kegiatan yang dilakukan nelayan, hanya sekali waktu saja mendatangi pantai dan membersihkan jaring. Mereka belum bisa memastikan kapan bisa mencari ikan lagi.

    Nelayan lain, Darodji (39), juga memilih menyandarkan kapalnya. Peluang ombak aman yang dimungkinkan ada, akan dilewatkannya. "Sebenarnya hari ini dan besok, agak lumayan untuk melaut karena cuacanya agak baik. Tapi sekarang sedang paceklik," kata Darodji.

    Dirinya mengaku tidak bisa berharap banyak dari hasil laut, dan pasrah dengan keadaan. "Mau bagaimana lagi, katanya cuaca akan normal setelah tanggal 23 Januari nanti, tapi ya tidak tahulah," ungkapnya. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top