• Berita Terkini

    Senin, 09 Januari 2017

    Kunjungi RS Bendan Pekalongan, Menkes Tegur Pasien Bandel

    DOKUMEN FOR RADAR PEKALONGAN
    PEKALONGAN – Kesal melihat pasien membandel, Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek menegur langsung salah satu pasien saat meninjau pelayanan di RSUD Bendan, Minggu (8/1). Ditengah tinjauannya, Menkes sempat menegur pasien dengan diagnosa stroke dan diabetes yang justru asik ngemil.

    "Tadi saya mendapati pasien dengan diagnosa stroke dan diabet malah asik-asikan ngemil, saya tegur dia, dan keluarga yang mendampingi. Ketidakdisiplinan pasien semacam itu dapat menghambat proses pemulihan, maka tenaga medis harus juga disiplin mengecek kegiatan pasien, dan jangan sungkan untuk memberi peringatan," ujar Menkes.
    Kunjungan Menteri Kesehatan ke RSUD Bendan, dalam rangka mendampingi kehadiran Presiden Jokowi dalam agenda lawatan ke Kota Pekalongan.
    Dalam tinjauannya, yang didampingi oleh Direktur RSUD Bendan Bambang Prasetijo dan Assisten II Setda Kota Pekalongan Sri Wahyuni, Menteri Kesehatan mengecek langsung infrastruktur yang ada di RSUD Bendan, termasuk penataan ruang pelayanan.

    "Ruang terbuka hijau harus diperbanyak dan fentilasi tiap ruangan pasien harus mencukupi," pesannya.

    Selesai observasi lapangan, Menkes langsung memimpin rapat dengan jajaran staf RSUD Bendan guna menyaring masukan terkait pelayanan pada Rumah Sakit.
    Dalam rapat tersebut, Nila F Moeloek berpesan kepada RSUD Bendan agar selalu melayani masyarakat dengan maksimal, walaupun pasien BPJS. "Layani pasien dengan baik dan berjenjang, jika memang diagnosa pasien ringan dan mampu ditangani dokter umum, jangan langsung dirujuk ke spesialis," katanya.

    Ia juga ingin agar rumah sakit tidak langsung memberikan obat paten kepada pasien, jika obat generik masih bisa dipenuhi agar dapat menekan biaya pengobatan.
    Setelah melakukan kunjungan ke RSUD Bendan, Menteri Kesehatan melanjutkan tinjauan langsung terkait proses pelayanan di Puskesmas Kusuma Bangsa, Kelurahan Panjang Wetan.(nul)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top