• Berita Terkini

    Sunday, January 8, 2017

    Belum Selesai Dibangun, Talud Jalan di Alian Ambles

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Warga mengaku kecewa dengan pembangunan talud jalan di ruas jalan RT 1 RW 5 Desa Krakal Kecamatan Alian. Itu setelah talud yang tengah dalam proses pengerjaan tersebut ambles.

    Salah satu warga, Muhammad Sufyan Hasim (60) menjadi salah satu orang yang kini merasa was-was akibat amblesnya talud tersebut. Pasalnya rumahnya berada tepat di bawah tebing tersebut. Jika sampai terjadi longsor, tentunya berton-ton material berupa batu dan tanah akan menghancurkan rumahnya.


    Sufyan Hasim mengatakan, longsor terjadi pada Desember 2016 lalu. Salah satu yang menjadi sebab longsornya talut yakni pembangunan tidak dilaksanakan sesuai dengan kondisi tanah. Pasalnya pondasi talud sendiri dibangun di atas tanah urug sehingga tak cukup kuat menahan beban di atasnya. “Kami sangat kecewa dengan pembangunan ini. Kini malah sudah hampir satu minggu pekerjaannya dihentikan,” tuturnya, Minggu (8/1/2017).

    Supyan Hasyim menegaskan, seharusnya pembangunan dilaksanakan dengan membuat talud dilakukan dengan membuat pondasi yang dalam. Menurutnya, pondasi yang dibangun di atas tanah urug, justru malah akan sangat berbahaya. Alih-alih akan menguatkan, bangunan talud yang besar dan berat itu pastinya malah akan menambah beban lahan di sekitar area talud. “Talud itu fungsinya untuk memperkokoh tanah, kalau bangunannya seperti ini, justru akan menambah beban pada tanah. Ini membuat potensi longsor lebih besar,” paparnya.

    Disisi lain, Supyan mengucapkan terima kasih kepada Pemda Kebumen terutama bupati yang telah secara langsung melakukan sidak, yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan perbaikan. "Namun kalau hasilnya seperti ini ke mana masyarakat harus bertanya?," keluhnya.

    Hingga berita ini diterbitkan wartawan koran ini belum dapat meminta konfirmasi dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kebumen. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top