• Berita Terkini

    Tuesday, December 27, 2016

    Relawan PMI Bikin "Geger" CFD di Peringatan Hari Sukarelawan

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sejumlah rangkaian kegiatan digelar dalam rangka memeringati Hari  Sukarelawan PMI ke-71 di tahun 2016 yang jatuh setiap tanggal 26 September. Salah satunya yang digelar di alun-alun pada gelaran Car Free Day (CFD), Minggu (25/12) lalu.  Di tempat ini, para relawan sempat membuat kaget para pengunjung.

    Itu setelah mereka memperagakan simulasi pertolongan pertama di alun alun. Aksi ini sempat membuat kaget dan menjadi tontonan warga. Di saat bersamaan, para relawan juga membagi-bagikan stiker peringatan hari sukarelawan 2016 dan PMI ke 71 kepada warga. Selanjutnya, warga antusias memasang ratusan stiker pada replika bertuliskan 71 berpentuk persegi panjang di atas bidang datar warga putih.

    Tak berhenti sampai di situ, para relawan juga menggelar orasi. Bahkan, salah satu anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tangah asal Kebumen Teguh Purnomo ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Teguh menyampaikan kepada para relawan untuk terus berlatih dan berkerja keras untuk meraih kesuksesan. Teguh sekaligus menceritakan pengalamanya kepada para relawan atas prestasinya menjabat sebagai anggota Bawaslu Jawa Tengah.  "Saya harap adik adik dapat meneruskan dan menggantikan jejak saya mewakili Kebumen," katanya.

    Komandan Krops Sukarela (KSR) PMI Kebumen, Suyadi, mengatakan kegiatan peringatan hari sukarelawan tersebut diikuti 150 peserta yang terdiri dari anggota PMR wira dan madya serta KSR PMI Kebumen.
    Selain melakukan sosialiasi di alun-alun, peringatan Hari Sukarelawan PMI juga diisi dengan  menggelar kemah bersama di lokasi muara sungai Lukulo yang dinamai Pantai Kalibuntu, Desa Jogosimo, Kecamatan Klirong selama dua hari, Minggu-Senin (25-26/12).

    "Kegiatan ini sekaligus dimanfaatkan untuk melakukan penghijauan dengan beberapa jenis pohon seperti nyamplung, mangrove, ketapang dan akasia di kawasan sungai. Selain itu, para relawan juga melakukan bakti sosial berupa bersih-bersih pantai dari sampah-sampah plastik yang ada di sepanjang jalan masuk dan bibir pantai," kata Suyadi yang kemarin bersama Kepala Markas PMI Kebumen Eko Purwanto SE.

    Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan SDM PMI Kebumen Salim Wazdy MPd mengatakan, peringatan Hari Sukarelawan PMI tahun ini mengambil tema “Membangun Kebersamaan dan Perdamaian". Dia berharap rangkaian kegiatan ini akan meningkatkan kapasitas Sukarelawan sekaligus menanamkan cinta lingkungan.

    Dalam kesempatan tersebut Salim Wazdy juga menjadi pemimpin apel dan sekaligus mengukuhkan anggota Krops Sukarela. Pengukuhan secara  simbolisas dilakukan dengan penyiramaan air bunga kepada relawan. "Selalu berbuat baiklah kepada lingkungan alam dan menjadi relawan yang baik. Karakter berbuat baik pada alam sebagai wujud cinta pada alam harus menjadi karakter yang tertanam pada sukarelawan sampai tua nanti," pesannya. (saefur/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top