• Berita Terkini

    Thursday, September 8, 2016

    Stok Hewan Kurban di Kebumen Diklaim Cukup

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Stok hewan kurban untuk kebutuhan Idul Adha di Kabupaten Kebumen diklaim cukup. Bahkan sebagai lumbung sapi PO, ketersediaanya melimpah.

    Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Kabupaten Kebumen memastikan stok sapi dan kambing aman menjelang perayaan Idul Adha atau hari raya kurban yang jatuh pada Senin (12/9/2016) mendatang. Selain memastikan ketersedian sapi dan kambing, Distannak juga memastikan kesehatan sapi dan kambing yang ada di Kebumen.

    Kepala Distannak Kebumen, Pudji Rahayu melalui Kabid Produksi Peternakan dan Kesehatan Hewan, Purnowati menjelaskan, untuk Idul Adha tahun ini, ketersedian hewan kurban cukup melimpah. Sehingga tidak butuh mendatangkan hewan kurban dari luar daerah.

    "Semua hewan kurban berasal dari Kebumen sendiri. Ini sudah sangat cukup karena produksinya juga lebih," kata Purnowati, kepada Kebumen Ekspres, kemarin (7/9/2016).

    Wanita yang karib disapa Ipung ini mengungkapkan, jumlah kebutuhan hewan kurban tahun lalu mencapai 10.541 ekor. Dengan rincian, 1.871 ekor sapi, 8.552 ekor kambing, 117 domba dan 1 ekor kerbau. "Tahun ini jumlahnya sekitar segitu juga," ucapnya.

    "Karena ketersedian stok sapi dan kambing lebih banyak dari tahun 2015 lalu, makanya di Kebumen tidak ada sapi atau kambing yang didatangkan dari luar. Stoknya Insya Allah lebih dari cukup untuk Idul Adha tahun ini," ucapnya.

    Selain ketersedian sapi dan kambing yang aman, pihaknya memastikan sejauh ini kesehatan stok sapi dan kambing yang ada dalam kondisi sehat dan layak untuk menjadi kurban.
       
    Mengenai pemeriksaan hewan kurban, pihaknya sudah membentuk tim untuk melakukan pemeriksaan hewan ternak.

    Selain mengecek kesehatan sapi dan kambing, petugas juga memberi imbauan kepada peternak untuk menjual sapi dan kambing sesuai dengan syarat kurban.Misalnya tidak cacat fisik, kondisi sehat, minimal berusia 2 tahun dan lainnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top