• Berita Terkini

    Friday, September 2, 2016

    Ribuan Anggota Pramuka Sambut Estafet Tunas Kelapa 2016

    saefur/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Ribuan anggota Pramuka di beserta masyarakat Kabupaten Kebumen antusias menyambut estafet tunas kelapa (ETK) 2016, Jumat (3/9/2016). Sepanjang rute perjalanan, ribuan anggota pramuka dan masyarakat menyambut kontingen. Bahkan, sejumlah atraksi kesenian ditampilkan seperti kuda kepang, kentongan, hingga jamjaneng sampai tabuh lesung.

    Kebumen menerima estafet dari dua wilayah, masing-masing Kabupaten Banyumas dan Kabupatan Banjarnegara. Serah terima pun dilakukan di dua lokasi. Masing-masing di Rowokele untuk kontingen dari Banyumas dan diterima oleh Kapolres Kebumen AKBP Alpen SH SIK MH di Rowokele. Sementara, untuk kontingen dari Kabupaten Banjarnegara diterima Wakil Bupati Kebumen, KH Yazid Mahfudz di Desa Somagede Kecamatan Sempor.

    Dari dua lokasi itu, peserta menggunakan kendaraan roda empat menuju ke pertigaan Guyangan untuk selanjutnya kembali berjalan kaki hingga Giwangretno di Kecamatan Sruweng. Di titik ini dilakukan pergantian personel dan penyerahan tunas kelapa yang diterima Kepala Kwartir Cabang (Kakwarcab) Kebumen Adi Pandoyo.

    Wakil Ketua DKC Kwarcab, Krisna Aji Wisesa mengatakan pelaksanaan estafet berlangsung lancar. Salah satu yang luar biasa, Kakwarcab Adi Pandoyo dan Ketua panitia ETK, Gunadi, ikut berjalan kaki sepanjang 5 km dari Giwangretno hingga pendopo rumah dinas Bupati. "Kami sangat berterimakasih karena beliau-beliau mau terjun langsung ikut membantu di lapangan,"katanya.

    Dedet Sujiyanto, seksi acara ETK 2016 mengatakan, estafet tunas kelapa merupakan kegiatan rutin 2 tahunan yang digelar Kwartir Daerah Jawa Tengah dan menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap insan Pramuka dan masyarakat.

    Kepala Kwartir Cabang (Kakwarcab) Kebumen Adi Pandoyo mengucapkan terimakasihnya kepada seluruh warga masyarakat Kebumen yang telah mendukung acara ETK. Menurutnya, estafet kembali akan dilanjutkan hari ini.

    Kontingen akan dilepas dari pendopo Bupati kebumen untuk selanjutnya dibawa ke Jalan Kutoarjo Selang untuk kemudian dibawa menggunakan roda empat ke Kecamatan Mirit sebelum diserah terimakan kepada kontingen Kabupaten Purworejo di perbatasan kabupaten. "Hari ini, Bupati sebagai kamabicab akan ikut berjalan kaki mengantarkan ETK," kata Adi Pandoyo.

    Melalui kegiatan ETK, Adi Pandoyo berharap setiap anggota Pramuka dapat meresapi nilai-nilai Kepramukaan.  Sri Aini (15) salah satu peserta estafet tunas kelapa mengatakan sengat senang bisa terpilih dan ikut andil menyukseskan estafet tunas kelapa hingga selesai."Saya sangat senang bisa terpilih jadi peserta setelah ada seleksi dari sekolahan, akan ikut kegiatan ini sampai selesai nanti di antar ke Purworejo," katanya. (saefur/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top