• Berita Terkini

    Friday, September 9, 2016

    Peringati Haornas, Pemkab Purworejo Gelar Upacara

    andi/ekspres
    PURWOREJO- Hari Olah Raga Nasional (Haornas) ke 33 tahun 2016 di peringati dengan upacara bendera di Alun- Alun Purworejo, Jumat (9/9). Bertindak sebagai Instektur Upacara, Kasdim 0708 Purworejo Mayor Infantri Restito. Hadir dalam upacara Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti SH, Pimpinan SKPD dan BUMD se Kabupaten Purworejo.

    Tema Haornas ke 33 tahun 2016 ini, "Ayo Olahraga Untuk Indonesia Sehat dan Produktif". Melalui tema itu, Menpora mengajak seluruh lapisan masyarakat bersatu-padu dan bersinergi untuk menggelorakan kembali "Gerakan Ayo Olahraga" agar olahraga menjadi budaya dan gaya hidup masyarakat di kota dan desa.

    Ditambahkan, dengan diposisikannya olahraga sebagai kebutuhan dan gaya hidup, secara tidak langsung akan membuka ruang yang luas bagi bermunculannya bibit-bibit potensial olahragawan yang berprestasi untuk selanjutnya dibina dan dikembangkan dengan dukungan sport science, menjadi atlet-atlet yang berprestasi ditingkat internasional.

    "Melalui olahraga rekreasi dan olahraga pendidikan kita perbesar basis -basis calon olahragawan potensial dan berbakat untuk memperkuat pondasi bangunan keolahragaan nasional yang berdaya saing,” kata Restito saat membacakan sambutan Menpora.

    Pada kesempatan tersebut, melalui sambutan tertulisnya, Menpora mengajak kepada seluruh aparatur sipil yang mengurusi bidang olahraga di Provinsi dan Kabupaten/kota untuk menggelorakan dan menyemarakkan “Ayo Olahraga” sampai lingkungan terkecil.

    Ia mengingatkan kembali bahwa bangsa-bangsa di dunia telah mempercayai Indonesia untuk menjadi tuan rumah tiga event besar dunia. Event dimaksud adalah The 6th Tafisa World Sport For All Games 2016 di Jakarta dengan peserta tidak kurang dari 110 negara. Selanjutnya Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang serta Paragames 2018 di Jakarta.

    Di akhir uparaca, Kasdim 0708 Purworejo menyerahkan piala kepadapara pemenang lomba karnaval dalam rangka HUT ke-71 Proklamasi Kemerdekaan RI beberapa waktu yang lalu. Juara pertama di masing-masing kategori yakni, kategori KB di raih KB Kecamatan Bener/Himpaudi, kategori TK diraih TK Batik, kategori SD diraih SDN Purworejo, kategori UPT Dikbudpora diraih UPT Bruno, kategori SMP di raih SMP N 2 Purworejo, kategori SMA/SMK/MA diraih SMA N 7 Purworejo, dan kategori Dinas/Instansi/Umum diraih Dinsosnakertrans Purworejo.

    Sedangkan untuk lomba Drumband dalam rangka event promosi wisata tahun 2016, juara pertama di masing-masing kategori yakni, kategori TK diraih TK Batik Perbaik Purworejo, kategori SD diraih SD Maria Purworejo, kategori SMP diraih SMP N Purworejo, dan kategori SMA/SMK/MA diraih SMK PN Purworejo.

    Selain itu dilakukan pengalungan mendali bagi peraih medali kejuaraan Pencak Silat Pelajar IPSI Jawa Tengan Di tegal 1-5 Sempember 2016. Yakni, Aditya Saputra meraih juara 3 kelas tanding H pa siswa SMP N 4 Purworejo, Saptyo Hermawan meraih juara 3 kelas tanding G pa siswa SMK PN 2 Purworejo, dan Rizki Yora Aidha Indah juara 1 kelas tanding G pi siswi SMA N 7 Purworejo.

    Rangkaian peringatan Haornas juga dimeriahkan dengan senam aerobik bersama dan defile atau parade mengelilingi Alun-Alun Purworejo, yang diikuti oleh pelajar dari SMA dan SMK se-Kabupaten Purworejo. Sebelum upacara, SMK PN Purworejo juga melaksanakan jalan sehat yang diikuti sekitar 1.500 siswanya. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top