• Berita Terkini

    Thursday, September 22, 2016

    Cuaca Ekstrem, Warga Purworejo Diminta Waspadai Penyakit Unggas

    ilustrasi
    PURWOREJO- Perubahan cuaca yang tidak menentu membuat hewan ternak terutama unggas rentan terjangkit penyakit. Atas kondisi ini, peternak dihimbau meningkatkan kewaspadaan dalam mengawasi hewan ternaknya. Pasalnya tak jarang hewan ternak utamanya unggas ditemukan mati mendadak.

    Kepala Dinas Dinas Pertanian Peternakan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) melalui Kasi Kesehatan Hewan, Ir Doddy Heru Prasetyo mengungkapkan, kondisi cuaca yang tak menentu dan memasuki pergantian musim seperti saat ini sejumlah penyakit merebak pada hewan ternak.

    "Penyakit-penyakit yang sering menyerang unggas seperti penyakit Avian Influensa (AI) atau flu burung, Newcastle Disease (ND) atau tetelo, harus diwaspadai," katanya, kemarin.

    Doddy menghimbau, para peternak untuk meminimalisir kemungkinan timbulnya penyakit yang menyebabkan kematian pada unggas dengan beragam cara. Diantara dengan memberi makan yang teratur, vitamin, menjaga kebersihan kandang dan jika diperlukan pemberian vaksin anti virus.

    "Yang paling penting adalah memberi makan teratur, jangan dibiarkan sobo (mencari makan sendiri) terus, dan kebersihan kandang. Hal tersebut merupakan langkah awal untuk melakuk­an pencegahan," terangnya.

    Menurutnya, pemberian suntik vaksin juga penting dilakukan, agar menjaga hewan ternak mudah terjangkit penyakit. Selain itu, penghangat ruangan seperti lampu juga penting agar jika malam unggas tidak merasakan hawa dingin yang teramat.

    "Kami sedia vaksin Flu Burung secara gratis, terutama pada itik perlu divaksin, sejauh ini kami sudah memvaksin sekitar 70 ribu ekor unggas untuk mengantisipasi Flu Burung," katanya. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top