• Berita Terkini

    Thursday, August 18, 2016

    Bupati Lepas 452 Calon Jamaah Haji Kabupaten Purworejo

    PURWOREJO- Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM melepas 452 Calon Jamaah Haji Kabupaten Purworejo. Dari jumlah tersebut, sebanyak 355 Calon Jamaah Haji tergabung dalam Kloter 35. Sedangkan 97 orang bergabung dengan Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Kebumen dalam Kloter 60.

    Dalam sambutannya Bupati mengatakan, dalam penyelenggaraan pendaftaran dan penyediaan kuota haji yang dilakukan oleh pemerintah sekarang ini, ada realitas permasalahan yang tidak dapat dihindarkan. Antara lain panjang atau lamanya antrian berangkat haji, sebagai konsekwensi meningkatnya kesadaran dan keimanan masyarakat muslim untuk menunaikan ibadah haji.

    "Di Kabupaten Purworejo, tercatat rata-rata setiap harinya ada 5 sampai 10 orang mendaftar di Kantor Kementerian Agama untuk memperoleh porsi haji, sehingga untuk masa tunggu atau antrian berangkat haji sudah mencapai 22 tahun lebih lamanya. Bapak Ibu dan saudara semuanya adalah termasuk orang-orang yang betul-betul terpilih," katanya.

    Bupati berpesan kepada para jamaah agar selama berada di tanah suci agar selalu menjaga kesehatan, mempersiapkan fisik dan mental sebaik-baiknya, agar dapat maksimal dalam melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji. Ia juga menghimbau kepada jamaah calon haji agar dapat selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan para petugas medis apabila ada sesuatu hal yang dirasa mengganggu kesehatan.

    Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Setda Purworejo Drs Bambang Sadyo Hastono menjelaskan, jumlah Jamaah Kabupaten Purworejo awalnya sebanyak 449 orang. Dari jumlah tersebut terjadi penambahan dikarenakan adanya Jamaah yang mutasi masuk dari beberapa daerah. "Jamaah yang mutasi keluar ke kota Bekasi 1 orang. Jamaah mutasi masuk dari Kota Semarang 2 orang, Kota Bogor 1 orang dan Kabupaten Banyumas 1 orang. Sedangkan, Jamaah meninggal sebelum berangkat 1 orang. Jumlah jamaah siap berangkat 452 orang," terangnya.

    Dikatakan, Calon Jamaah Haji pria 213 orang dan Calon Jamaah Haji wanita 239 orang. Sedangkan, Calon Jamaah Haji tertua usia 86 tahun atas nama Ibu Bastiah, alamat Desa Tursino RT 01 RW 01 Kecamatan Kutoarjo. Calon Jamaah Haji termuda usia 22 tahun atas nama Ratih Kurniawati, alamat Lubang Kidul Rt 02 Rw 02 Kecamatan Butuh.

    "Berdasarkan jadwal pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Embarkasi Adi Sumarmo Solo, Kloter 35 akan masuk ke asrama haji Donohudan pada hari senin tanggal 22 Agustus 2016 pukul 08.00 WIB. Sedangkan, Kloter 60 akan masuk ke asrama haji Donohudan pada hari Rabu tanggal 31 Agustus 2016 pukul 07.00 WIB," tandasnya. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top