• Berita Terkini

    Sunday, July 10, 2016

    Terlalu Lama Didalam Mobil Ber-AC, Tujuh Pemudik Alami Hipoksia

    AGUS/RADARBMS
    BANYUMAS-Sebanyak tujuh pemudik asal Bekasi mengalami Hipoksia atau kekurangan oksigen akibat terlalu lama berada di dalam mobil ber-AC, akibatnya saat beristirahat di SPBU Karangkemiri Pekuncen usai menempuh perjalanan dari Jogja tujuh pemudik tersebut langsung mengalami muntah-muntah dan langsung dilarikan ke Puskesmas Pekuncen pada Minggu (10/7) pukul 18.30.

    Setelah mendapatkan perawatan hampir satu jam, pemudik tersebut sudah pulih namun belum bisa kembali melanjutkan perjalanan. Untuk sementara menginap di Puskesmas Pekuncen dan hari ini baru melanjutkan perjalanan balik ke Bekasi.

    Informasi yang diperoleh, keluarga baru mudik ke kampung halamannya di Jogja. Saat akan balik ke Bekasi, tujuh anggota keluarga ikut mobil yang sejak dari Jogja AC dinyalakan. Karena arus tersendat sejak dari Ajibarang, keluarganya memilih berhenti untuk beristirahat di SPBU Pekuncen. Namun, usai keluar mobil keluarga mengalami muntah-muntah dan diketahui oleh pihak petugas kesehatan yang berada tidak jauh dari lokasi.

    Ketujuh pemudik kemudian dibawa ke Puskesmas Pekuncen untuk mendapatkan penanganan medis. Petugas medis langsung memasang oksigen dan penanganan medis lain sampai satu jam kemudian pemudik tersebut kembali pulih.


    Kapolsek Pekuncen AKP H Sutarno melalui Kanit Reskrim Aiptu Sigit menjelaskan, ketujuh pemudik mengalami kekurangan oksigen akibat terlalu lama berada di dalam mobil ber AC. Akibatnya, saat keluar dari mobil di rest area SPBU Karangkemiri, pemudik tersebut langsung muntah-muntah.
          "Dari pemeriksaan yang dilakukan petugas kesehatan Puskesmas karena mengalami kekurangan oksigen akibat terlalu lama terkena AC mobil. Gejalanya seperti keracunan, tetapi setelah diperiksa ternyata kurang pasokan oksigen,"jelasnya.

       Setelah mendapat penanganan, lanjut Sigit, tujuh pemudik tersebut bisa kembali pulih namun belum bisa melanjutkan perjalanan. Sehingga masih berada di Puskesmas dan akan melanjutkan perjalanan esok hari.

       "Kami langsung koordinasi dengan pihak Puskesmas mengantisipasi kejadian seperti di Brexit. Dengan penanganan yang cepat dan tepat, pemudik tersebut bisa kembali pulih,"jelasnya.

         Sementara itu, Kasi Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas Dr Teguh Ariyanto mengatakan, pemudik yang menggunakan mobil AC disarankan bisa beristirahat 2 jam sampai 4 jam sekali. Hal itu bertujuan supaya sirkulasi udara AC di dalam mobil yang ada tidak sampai mengganggu kesehatan karena jika dipaksakan akan menimbulkan Hipoksia atau kekurangan oksigen.

       "Kami sarankan supaya pemudik bisa beristirahat antara dua sampai empat jam sekali. Baik pengendara motor maupun bagi yang memakai kendaraan roda empat terlebih yang menggunakan AC. Hal tersebut dimaksudkan supaya sirkulasi udara tetap sehat, kalau kelamaan di dalam mobil ber AC akan menyebabkan tubuh kekurangan oksigen,"jelasnya. (gus)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top