• Berita Terkini

    Tuesday, June 14, 2016

    SMP N 1 Jadi Terdepan Rata-rata UN Tertinggi Tingkat Kabupaten

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Kendati pengumuman nilai Ujian Nasional SMP sederajat telah diumumkan pada akhir pekan lalu, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) Kebumen belum mengumumkan sekolah yang memeroleh nilai rata-rata tertinggi tingkat kabupaten. Namun demikian, dengan nilai rata-rata 354,32, SMP Negeri 1 Kebumen disebut menduduki peringkat I UN tertinggi di Kota Berslogan Beriman tahun ini.

    Hal ini disampaikan oleh Kepala SMP Negeri 1 Kebumen Ari Sulistiyowati SPd MPd pada acara Purnawidya dan penyerahan kembali peserta didik kepada orang tua/wali di Gedung Juang, baru-baru ini.  Dijelaskan Ari Sulistiyo, kini tengah santer di media sosial yang mengatakan, jika nilai tertinggi rata-rata UN buka diraih oleh SMP Negeri 1 Kebumen.

    Padahal fakta membuktikan jika nilai rata-rata nilai UN SMP Negeri 1 Kebumen mencapai 354,32. “Ini juga untuk membantah kabar burung yang menyatakan bahwa tahun ini rata-rata UN tertinggi di Kebumen diraih sekolah lain. Sebab hal itu sedang santer dibicarakan di media sosial,” tegasnya.

    Selain meraih peringkat  I UN di Kabupaten Kebumen, peserta didik SMP Negeri 1 Kebumen yang meraih nilai 100 tahun juga bertambah banyak. Tahun ini untuk mata pelajaran Matematika sebanyak 53 peserta didik, IPA sebanyak 10 peserta didik, dan Bahasa Indonesia diraih oleh 1 peserta didik.

    Pada kesempatan tersebut, Ari juga menjelaskan bahwa berdasarkan data sementara, rata-rata nilai UN peserta didik SMPN 1 Kebumen dapat meraih peringkat lima di Provinsi Jawa Tengah. Peringkat I diraih oleh SMP Negeri 1 Magelang dengan rata-rata nilai 88,74, disusul oleh SMP Negeri 2 Purworejo dengan rata-rata nilai 89,59. Peringkat selanjutnya oleh SMP Negeri 1 Salaman dengan rata-rata nilai 88,80, dan disusul oleh SMP Negeri 1 Muntilan dengan nilai 88,70, dan selanjutnya yakni SMP Negeri 1 Kebumen.  “Dari data sementara ini menunjukan, peringkatnya SMP Negeri 1 Kebumen meningkat. Tahun sebelumnya berada di peringkat 6 dan kini menjadi peringkat 5,” terangnya, pada acara Purnawidya yang juga di dihadiri oleh seluruh peserta didik kelas IX, orang tua/wali peserta didik, OSIS, perwakilan peserta didik kelas VII dan VIII, komite sekolah, dan tamu undangan.

    Hadir juga Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kebumen H Ahmad Ujang Sugiono SH yang sekaligus menyerahkan penghargaan kepada para peserta didik. Acara Purnawidya juga dimeriahkan dengan penampilkan tari gambyong dan vokal grup dan band.

    Terpisah, Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dikpora Kebumen Drs Agus Septadi menyampaikan, hingga kini Dikpora belum melakukan rekap hasil nilai rata-rata UN. Kendati demikian pihaknya mengatakan, kalau dilihat dari hasil UN kemungkinan memang SMP Negeri 1 Kebumen yang tertinggi. "Kalau nilai rata-rata tertinggi, hingga kini kami belum menghitung. Informasi yang diterima kemarin via SMS, baru menyatakan perolehan nilai 100 terbanyak dan bukan nilai rata-rata tertinggi UN," ucapnya, Selasa (14/6/2016). (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top