• Berita Terkini

    Tuesday, June 7, 2016

    KSSP Republika Bersih-bersih Masjid

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Kebersihan masjid menjadi salah satu faktor yang membuat para jamaah nyaman melaksanakan ibadah. Kebutuhan akan kebersihan itu makin meningkat saat bulan Ramadan ini mengingat para jamaah melaksanakan sholat tarawih pada malam hari.


    Untuk itu Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syarian (KSPPS) Republika Mitra Umat Amanah (Rema) Kebumen melaksanakan kegiatan Benah Bersih Masjid. Sebanyak empat yang menjadi sasaran kegiatan yang digelar baru-baru ini tersebut. Keempat masjid itu, Masjid Nurul Iman Desa Kembaran Kecamatan Kebumen, Masjid Babus Salam Gunungmujil Desa Bumirejo Kecamatan Kebumen, Masjid Nurul Huda Desa Karangsari Kecamatan Kebumen dan Masjid Sirotol Muhtadin Desa Karangsari Kecamatan Kebumen.

    Divisi Mal KSPPS Rema Latif Fahrurrozi mengatakan, kegiatan pembersihan masjid rutin dilaksanakan setiap tahun. Teknisnya setiap masjid akan dibersihkan oleh tiga orang dari pegawai KSPPS Rema. Pembersihan dilakukan di seluruh bagian masjid, mulai dari bagian dalam, serambi, halaman hingga tempat wudhu, kamar mandi dan WC. "Kebersihan merupakan sebagian dari iman, selain itu dengan tempat yang bersih tentunya akan membuat nyaman dalam pelaksanaan ibadah," ujarnya.

    Dijelaskannya, KSPPS terdapat dua program yakni profit dan non profit. Untuk non profit dikelola oleh Baitul Mal. Dana Baitul Mal diperoleh dari Zakat Infak Shodaqoh (ZIS). Dana tersebut kemudian di tasyarufkan (disalurkan) untuk kegitaan sosial. “Salah satunya adalah untuk kegiatan benah bersih masjid. Selesai dibersihkan masjid juga diberi beberapa peralatan pembersihan seperti sapu dan alat pel,” jelasnya, Selasa (7/6/2016).

    Dalam program ini, selain melakukan pembersihan masjid, KSPPS Rema juga melaksanakan pembenahan. Yakni pembenahan beberapa fasilitas masjid yang mengalami kerusakan ringan. Semua itu dilaksanakan semata-mata untuk memuliakan bulan penuh berkah yang tidak lain adalah Bulan Suci Ramadhan. “Barang siapa yang gembira saat datangnya Bulan Ramadhan maka badannya haram dari siksa api neraka,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top