• Berita Terkini

    Sunday, May 22, 2016

    Siswa SD Muhammadiyah Kebumen Diajak Menanam Padi

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– Para siswa SD Muhammadiyah Kebumen mengikuti kegiatan pembelajaran di luar kelas, baru-baru ini. Kali ini, mereka diajak turun ke sawah dan diajak menanam padi seperti layaknya para petani.

    Kegiatan diawali dengan ibadah sholat sunah dhuha berjamaah dimasjid sekolah yang beralamat di Jl Ahmad Yani No 83 Kebumen tersebut. Setelah melakukan dzikir dan do’a dilanjutkan mengucapkan do’a keluar masjid serentak langsung menuju sawah.

    Meskipun sebagian besar anak didik merupakan anak kota namun semangat serta antusias untuk mencoba berlatih menanam padi sangat tinggi. Para siswa tidak ragu masuk ke sawah satu persatu meskipun harus menahan panas terik matahari. Mereka juga rela bercampur dengan lumpur hanya untuk merasakan asyiknya belajar dialam bebas.

    Kepala Sekolah Dasar Muhammadiyah Kebumen, Miskun, SPd menyampaikan, kegiatan menanam padi di sawah merupakan rangkaian dari kegiatan pembelajaran di luar kelas  (outdoor). Pembelajaran menanam padi dengan bekerjasama dengan petani yang memiliki kompetensi di bidang pertanian, menurutnya, dipandang efektif dan lebih mudah diterima oleh peserta didik. Sebab, secara psikologis anak akan lebih mudah untuk mengingaat dan melakukan suatu karya sesuai dengan pengalaman yang dia alami secara langsung.

    Ditambahkan, ada hal yang menarik untuk lebih dikembangkan kaitannya dalam hal menanam padi di sawah maupun berbagai jenis bercocok tanam di tempat lainnya. Dengan memahami proses menanam padi sampai perawatan hingga panen, para siswa diajak agar pandai bersyukur  sekaligus terpanggil untuk mencintai alam lingkungan termasuk tanaman padi. (cah)




    Berita Terbaru :


    Scroll to Top