• Berita Terkini

    Sunday, May 1, 2016

    Musda PAN Gagal Pilih Ketua DPD

    fuad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Rapat pleno formatur terpilih pada Musyawarah Daerah (Musda) IV Partai Amanat Nasional (PAN) Kebumen, Minggu (1/5/2016) di Hotel Candisari Karanganyar berakhir deadlock. Tim formatur gagal mencapai kata mufakat untuk menyepakati sosok ketua yang akan memimpin DPD PAN Kebumen periode 2016-2021. Mereka hanya berhasil memilih ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) yang dijabat H Barli Halim SE, ketua DPD PAN sebelumnya.

    Empat orang formatur terpilih yang direkomendasikan oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Provinsi Jawa Tengah adalah Bagus Setiyawan, Gito Prasetyo, Barli Halim dan Suhartono.

    Pantuan di arena Musda, empat formatur tersebut ditambah satu formatur lain dari DPW PAN Jateng melakukan musyawarah tertutup di ruangan sekitar arena Musda. Musyawarah ini hanya berlangsung singkat, tak sampai 15 menit. Setelah itu, formatur kembali masuk ke arena Musda dan mengumumkan jika lima formatur belum bersepakat untuk menentukan ketua formatur.

    “Aturannya, rapat pleno formatur memang harus musyawarah mufakat. Ketua tim formatur yang nantinya juga sebagai Ketua DPD harus terpilih secara aklamasi, tidak ada voting," ujar salah satu anggota formatur, Barli Halim kepada Ekspres, usai Musda.

    Dijelaskannya, sesuai mekanisme organisasi, jika pleno formatur DPD tidak bisa mengambil keputusan bulat, maka keputusan akhirnya diserahkan kepada DPW untuk menentukan ketua DPD PAN terpilih dengan batas waktu maksimal 14 hari.

    Barli menegaskan, keputusan untuk menyerahkan kepada DPW juga dalam rangka mengedepankan asas demokrasi. Apalagi tiga formatur tersebut memang kader terbaik yang dimiliki PAN Kebumen saat ini.

    Anggota formatur lainnya, Gito Prasetyo menjelaskan, belum tercapainya kata mufakat karena masing-masing anggota formatur, kecuali Barli dan perwakilan DPW, sama-sama menyatakan kesiapannya untuk memimpin PAN Kebumen.

    “Ya semuanya siap menjadi ketua. Untuk kebaikan bersama, kita sepakat menyerahkan ke DPW Jawa Tengah untuk menentukan siapa yang menjadi ketua,” ujarnya.
    Dijelaskannya, tiga kandidat Ketua DPD PAN Kebumen menegaskan akan menghormati apapun hasil keputusan DPW PAN Jawa Tengah. Jadi, siapapun yang terpilih jadi ketua, semua kandidat tidak akan mempermasalahkan.

    Musda IV PAN Kebumen dibuka oleh Wakil Ketua Umum DPP PAN, Dr Ir H Taufik Kurniawan MM didampingi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Provinsi Jawa Tengah Wahyu Kristianto.

    Hadir dalam acara tersebut Bupati Kebumen H Yahya Fuad, Ketua DPRD Cipto Waluyo, Ketua KPU Paulus Widiyantoro, serta sejumlah Ketua Partai Politik di Kebumen. Anggota Fraksi PAN DPRD, pengurus DPD hingga DPC serta ratusan kader juga hadir dalam acara tersebut.

    Dalam amanatnya, Taufik menekankan agar Musda PAN jangan sampai menjadi bibit perpecahan partai. Sebaliknya, malah membuat PAN Kebumen semakin solid dan kuat. Apalagi tantangan ke depan semakin berat."Ketua maupun pengurus boleh berganti tetapi partai tetap harus ada dan harus utuh, tidak boleh terkotak-kotak apalagi terpecah belah," tandasnya. (has)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top