• Berita Terkini

    Monday, May 2, 2016

    Jurnalis SMA Muhammadiyah Belajar Berburu Berita

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Anak-anak yang tergabung dalam Ekskul Jurnalistik SMA Muhammadiyah Kebumen melakukan kegiatan luar, berlatih dan mengasah kemampuan di lapangan layaknya para wartawan pemburu berita. Ya, mereka memang sedang berburu berita, tepatnya berlatih berburu berita.

    Diawali dengan kunjungan ke Balai Wartawan, markasnya para Wartawan Kebumen yang berada di sebelah barat Pendopo Rumah Dinas Bupati. Mereka diterima oleh salah seorang Wartawan dari Media lokal. Setelah itu, mereka melanjutkan kegiatan berlatih berburu berita.

    Target mereka adalah trafficlight yang berada di sebelah selatan Alun-Alun. Di sana anak-anak belajar memotret, mempelajari situasi, menganalisisnya dan membuat naskah berita.

    Pembimbing Ekskul Jurnalistik SMA Muhammadiyah Kebumen Imam Yudiantoro SSi MPd, yang juga mendampingi langsung kegiatan tersebut menyatakan bahwa, kegiatan seperti ini merupakan hal yang baik dan penting seluruh anggota Ekskul jurnalistik.

    "Karena mereka bisa melihat dan merasakan langsung berbagai kejadian yang ada di lapangan sebelum mereka tulis naskah beritanya," kita Imam Yudiantoro, disela-sela mendampingi para siswa.

    Selain itu, kata Imam dengan melakukan pengamatan terhadap lingkungan, maka mereka juga akan belajar banyak terhadap apa yang mereka saksikan.

    Para siswa terlihat begitu antusias mengikuti dan manjalankan tugas-tugas yang diberikan selama kegiatan berlangsung. Biasanya kegiatan dan latihan jurnalistik dilakukan di sekitar sekolah, tapi kali ini dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan.

    Imam menambahkan, kegiatan kali ini targetnya para peserta mampu menulis sebuah berita dari peristiwa yang mereka lihat. Ia berpendapat menulis adalah hal yang sangat penting dan mendasar yang harus diketahui oleh seorang jurnalis. "Selain itu, terkait juga dengan persiapan penerbitan majalah yang saat ini sedang mulai digarap oleh anak-anak,"imbuhnya.(ori)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top